Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Komisi IV DPR-RI Gandeng Dirjen KSDAE KLHK Gelar Bimtek Kapasitas Kelompok Masyarakat Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Rabu, 24 Mei 2023 | 16.04.00 WIB Last Updated 2023-05-27T09:07:13Z

 


SINTANG, TRANSKAPUAS.COM - Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat di Gelar Salah Satu Aula hotel di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Rabu, (24/5/2023) Pagi.


Bimtek itu terwujud Atas kerjasama Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Bersama Komisi IV DPR RI.


Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) sebagai salah satu UPT 

Direktorat Jenderal KSDAE secara Maksimal Turut Berupaya Merangkul

Peran serta Masyarakat di sekitar kawasan konservasi. 


"Saat ini terdapat Kurang Lebih sepuluh Ribu jiwa yang bermukim di Desa-Desa Penyangga di sekitar Kawasan TNBBBR", Kata Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Andi Muhammad Khadafi.


Menurut Andi Muhammad Khadafi, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Memandang Keberadaan Masyarakat Sebagai Sebuah Peluang untuk Mewujudkan Sinergitas pengelolaan kawasan. Dalam Pengelolaan Masyarakat Merupakan mitra strategis yang sangat Potensial Bagi Pengembangan Pemanfaatan sumber daya Hutan Berupa Pemanfaatan jasa Lingkungan Maupun Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu Secara Lestari.


"Pada Desa-Desa Penyangga TNBBBR saat ini sudah terbentuk lebih dari Tiga Puluh Tiga Kelompok. Sembilan belas kelompok berada di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi yang telah dibentuk kelembagaannya serta dilakukan Pembinaan intensif secara periodik", Tutur Andi.


Sementara itu Anggota Komisi IV DPR RI dapil Kalbar II Yessy Melania Mengatakan Komisi IV DPR RI merupakan mitra Kementerian Lingkungan Hidup Dan kehutanan dan Salah satu kolaborasi Menjaga Alam dengan tidak Meninggalkan Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Kawasan Taman Nasional.


"Karna kita Kita Tau Bahwa Hutan Kita bisa di Katakan Hampir Kritis, Keberadaan Kelompok Masyarakat di sekitar ini lah Sebagai Salah Satu Upaya Membantu Negara Dalam Pelestarian Alam dan Ekosistem di Sekitar", Ujar Yessy.


Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania juga Mengajak Masyarakat Kelompok Sekitar untuk Menjaga Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. "Kami semua di sini tidak bisa bekerja Sendiri. Nah bapak ibu kelompok ini lah yang Paling Berperan Penting di sekitar Kawasan itu", Harapnya


Bimtek juga di Rangkai Dengan Penyerahan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Desa Penyangga Taman Nasional Bukit Bakar Bukit Raya Kepada Lima Kelompok Senilai 205 Juta Di antara Kelompok Transportasi Topakai, Kelompok Home Stay Danum sorio, Kelompok Tani Tolian Danum Komeruh, Kelompok Porter Mothere, dan Kelompok Tani Mekar pelita Yang di serahkan Langsung Oleh Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania.


Satu di antara Kelompok Menyambut baik Atas Bantuan Yang di berikan. "Kami selaku Perwakilan Kelompok Tani Mekar Pelita Mengucapkan Terimakasih Kepada Anggota komisi IV DPR RI Yessy Melania Yang telah Memberikan Bantuan ini. semoga Bantuan ini dapat Kami gunakan denga Sebaik baiknya" Ucap Yopenelius Obeng. (Tio).

×
Berita Terbaru Update