Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Jefray : Apapun Pekerjaan Kita, Harus Fokus Menjalankan Profesi Kita

Selasa, 16 Mei 2023 | 07.22.00 WIB Last Updated 2023-05-16T00:30:20Z

 

Foto: Jebray Raja Tugam, anggota DPRD kabupaten Sekadau

SEKADAU, TRANS KAPUAS.COM - Jefray Raja Tugam salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengatakan, bahwa petani bukanlah pekerjaan hina, tapi sebaliknya bahwa pekerjaan sebagai petani adalah pekerjaan sangat mulia.


"Jangan malu jadi petani, sebab pekerjaan petani adalah pekerjaan mulia," tulisnya Selasa (16/05/2023) kepada media ini.


Menurut Jefray, di kabupaten Sekadau banyak sekali potensi pertanian yang dapat dijadikan sumber ekspor. Dari 41 jenis komoditi yang bisa di jadikan bahan ekspor semuanya cocok di tanam di kabupaten Sekadau, yang bisa mensejahterakan masyarakat petani itu sendiri.


"Untuk itu petani memang harus sering mengikuti kegiatan pelatihan, karena sebagai petani kita harus tahu jenis komoditi apa yang paling menghasilkan selain Sawit," tulisnya.


Karena lanjut dia, kita harus fokus menjalankan profesi kita sebagai petani, bahkan kita cenderung ragu dengan yang kita tanam bahkan semua komoditi kita tanam, sehinga hasilnya tidak bisa memenuhi kwalitas ekspor.


"Makanya apapun pekerjaan yang kita geluti kita harus fokus menjalankan profesi kita, pemerintah daerah kabupaten Sekadau sangat mendukung kegiatan petani dengan program unggulan IP3K," kata Jefray.


Dari program unggulan tersebut artinya apapun kegiatan petani pasti akan didukung oleh pemerintah, sebab di kabupaten Sekadau kurang lebih 80 persen masyarakat adalah petani.


Ia menyarankan agar petani membuat kelompok tani, jenis tanaman apa saja yang ditanam kemudian laporkan ke dinas terkait, buat legalitas kelompok tersebut.


"Sebagai lembaga legislatif kami selalu mendorong agar petani di kabupaten Sekadau mampu memenuhi kebutuhan akan sayur mayur untuk warga sendiri, selanjutnya baru memikirkan untuk di pasarkan ke luar daerah," sarannya.


Ayo manfaatkan sumber daya alam yang demi kesejahteraan kita bersama, petani maju negara pasti kuat dan kabupaten Sekadau juga akan kuat jika di topang oleh petani yang giat. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update