Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Ini Kata Ketua DAD Kabupaten Sekadau Saat Resmikan Rumah Betang Betang Tamongong Naga Lantai

Selasa, 09 Mei 2023 | 16.50.00 WIB Last Updated 2023-05-09T09:50:06Z

Foto: Jeffray Raja Tugam, Ketua DAD Kabupaten Sekadau


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Sekadau yang juga merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam (JRT) mengatakan bahwa DAD dan shadow kabupaten Sekadau sangat menghargai kegiatan kebudayaan khususnya dalam melestarikan budaya Dayak dalam bentuk Rumah Betang Tamongong Naga Lantai, yang diresmikan pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 di Dusun Nyonak, Desa Teluk Kebau, Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau. 


Kepada media ini, ketua DAD Kabupaten Sekadau mengatakan bahwa Rumah Betang ini sudah dibangun dan sudah mendapatkan  beberapa kali anggaran dan saat ini diresmikan dan tentunya kita mesti bersyukur. 


"Rumah Betang ini dibangun dengan beberapa kali anggaran dan pada hari ini dapat diresmikan dan sejatinya saya sangat berterima kasih dan bersyukur bangunan rumah betang ini bisa selesai dan juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah bekerja sama membangun rumah adat ini sehingga dapat diresmikan pada hari ini, "ucapnya, Senin ( 8/5/2023)


"Saya sebagai Ketua DAD Kabupaten Sekadau tentunya banyak-banyak mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang terkait yang telah berpartisipasi, sehingga Rumah Betang ini bisa kita resmikan hari ini dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Adat,” kata JRT.


Beliau juga mengatakan bahwa Rumah Betang tentunya berfungsi untuk keperluan adat dan semua kegiatan budaya lainnya.


“Rumah Betang difungsikan untuk keperluan adat dan tentunya digunakan untuk semua kegiatan budaya, dan  ini adalah suport dari pemerintah daerah kabupaten Sekadau dan kita sudah mendengar visi dan misi dari Pak Aron sebagai Bupati dan Pak Subandrio sebagai Wakil Bupati, Bupati  ingin masyarakat maju dengan mengikuti jaman namun tidak meninggalkan  budayanya. Artinya kita boleh maju berpendidikan lebih tinggi tetapi budaya tetap kita lestari dan kita jaga untuk anak cucu kita ke depannya," sambung Ketua DAD.

 

Jefray Raja Tugam yang juga sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau ini berharap supaya masyarakat punya keinginan yang kuat untuk menggali dan melestarikan budayanya masing-masing.


"Bila perlu kita inginkan budaya gaya lama kita angkat kembali, kita lestarikan dan kita  jaga, jika budaya kita sudah mulai hilang, mari kita gali kembali supaya nantinya kita wariskan kepada anak cucu kita. Harapan kita semua dan tentunya  harapan Bupati juga. Karena apa? Supaya Kabupaten Sekadau yang kita cintai ini tidak hanya modern tetapi nilai- nilai budaya nilai leluhur kita tetap ada, " tegas Ketua DAD lagi.


"Kami juga menghimbau dan berharap supaya rumah adat ini difungsikan sebagaimana mestinya dan dijaga sebaik-baiknya, dirawat untuk masa yang akan datang, demi anak cucu kita, " tutupnya. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update