Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Gawai Adalah Tradisi Turun Temurun Perlu Terus Dilestarikan

Minggu, 14 Mei 2023 | 18.38.00 WIB Last Updated 2023-05-15T07:42:19Z

 

Foto: Hasan, SE, ME anggota DPRD kabupaten Sekadau

SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Hasan, salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sekadau mengatakan, bahwa bulan Mei dan Juni adalah waktu biasanya orang Dayak di kabupaten Sekadau bahkan di Kalbar biasanya mengelar Gawai Nyapat Taon di setiap Kampung.Yang mana pada acara tersebut sebagai ajang silaturahmi antar warga yang berlainan kampung.


Sebab, pada hari raya keagamaan seperti Natal dan Paskah warga tidak sempat bersilaturahmi,sebab semua sama-sama merayakan.


"Jadi pada hari Gawai inilah tempat mereka saling bertemu dan bersilaturahmi," tulisnya, Minggu (14/05/2023) kepada awak media ini.


Jadi lanjut Hasan, tradisi seperti ini hendaknya terus kita lestari dan pertahankan, meskipun Gawai adalah indentik dengan minum, namun seperti kita ketahui sangat jarang terjadi keributan antar warga, sebab, mereka sudah bisa mengendalikan diri, lagi pula ajang tersebut betul-betul di manfaatkan sebagai ajang untuk bertemu dengan sanak keluarga dari Kampung berlainan.


Pada puncaknya lanjut dia, Gawai penutup dilaksanakan di kota kabupaten yang disebut Gawai Dayak, pada Gawai Dayak tersebut dilaksanakan setelah semua kampung selesai melaksanakan Gawai Kampung, baru ditutup dengan Gawai Dayak.


"Pada Gawai Dayak artinya adalah penutup semua kegiatan Gawai, jika sudah di tutup dengan Gawai Dayak artinya tidak ada Gawai Lagi di Kampung-kampung," sebut Hasan. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update