Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Selain Menjual Gas 3 Kg, Bumdes Sukaja Jaya Kembangkan Usaha di Bidang Penjualan TBS

Kamis, 13 April 2023 | 19.24.00 WIB Last Updated 2023-11-22T12:32:46Z


Sekadau, transkapuas.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sukaja Jaya Desa Sungai Kunyit Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat berniat mengembangkan usaha penjualan Tandan Buah Segar (TBS) ke perusahaan pemilik pabrik sekitar desa.

BUMDES milik desa dikatakan Kayus selaku  Kepala Desa Sungai Kunyit Kamis (13/4/2023) telah berjalan berupa  penjualan gas 3 kg bagi warga desa sekitar. Namun pengurus melihat potensi perkebunan, dimana hampir 90% warga merupakan petani dan berkebun tanaman keras berupa sawit dan karet.

" Petani sawit mandiri di wilayah kita tercatat 150 ha, ini data dari masing - masing ketua kelompok tani potensi ini akan kita kelola untuk meningkatkan pendapatan BUMDES dan petani kita dimana kita siap membeli TBS petani,  kerjasama ini akan mempermudah petani untuk menjual TBS" kata kepala desa.

Pihak pengurus BUMDES usai pertemuan dengan pihak perusahaan yang akan membeli TBS telah memberi lampu hijau dengan membuka keran dan siap kerjasama dengan sejumlah ketentuan yang nantinya akan kembali dibahas bersama ketua kelompok tani.


" Pihak perusahaan menyanggupi dan siap menerima TBS dari BUMDES dari 150 ha kita ajukan sementara ini disanggupi 75 ha, kedepan akan kita upayakan terpenuhi semua luas lahan petani terakomodir" tandasnya.

Disisi lain diungkapkan kepala desa, pihaknya akan memanfaatkan transport milik petani untuk kelancaran angkutan TBS ke lokasi pabrik belum lagi dukungan tenaga kerja dari masyarakat sekitar akan diberdayakan.

Selain membantu petani, jelas kepala desa kerjasama ini dalam upaya mendukung pembangunan desa lewat pertanian dan perkebunan karena memang potensi wilayahnya sangat menjanjikan dan ini akan terus dikembangkan.

×
Berita Terbaru Update