Notification

×

Pemkab Sintang Laksanakan Natal Oikumene

Sabtu, 21 Januari 2023 | Januari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-01-21T07:07:05Z


Sintang,transkapuas.com - Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan Perayaan Natal Oikumene Tahun 2022 di Pendopo Bupati Sintang, Jumat 20 Januari 2023 malam.


Natal bersama tersebut dihadiri oleh, Bupati Sintang Jarot Winarno, Wakil Bupati Melkianus, Sekretaris Daerah, Yosepha Hasnah, Kepala OPD, ASN dan lainnya. 


Bupati Sintang Jarot Winarno menyatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan natal bersama tersebut.


"Natal kali ini sungguh meriah. Tema natal tahun ini sangat luar biasa. Meminta kita untuk selalu berinovasi, ini yang harus kita lakukan," kata Bupati Sintang.


Bupati mengatakan bahwa Sintang menjadi rumah besar bagi kita semua. Ia mengajak semua pihak terus menjaga kerukunan.


"Tadi saya foto dengan teman teman di depan pendopo.  Saya bangga di sana ada pohon natal dan lampion. Saya bangga pendopo ini jadi rumah kita bersama ini sangat luar biasa dan ini yang kita mau," kata Bupati.


Bupati berharap, tahun depan kegiatan serupa dapat digelar lebih meriah lagi. "Tahun depan kita panggil artis dari luar untuk bawakan lagu rohani dan pujian agar semakin meriah," ujarnya. 


Bupati mengatakan tahun 2024 mendatang adalah tahun terakhir nya memimpin Sintang. Ia berpesan kepada ASN yang belum mendapat kesempatan dilantik agar bersabar. Karena jabatan yang ada hanya sedikit.  "Harap bersabar nanti ada gilirannya," pungkasnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menyampaikan bahwa Natal tersebut merupakan natal terakhirnya sebagai ASN di Kabupaten Sintang karena terhitung 1 Mei 2023 nanti sudah purna tugas. 


"Setelahnya kami akan menjadi masyarakat biasa," kata Sekda.


Pada kesempatan itu, Sekda menyampaikan beberapa pesan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.


Pertama, ia mengajak ASN selalu bersyukur atas apa yang diterima sebagai ASN baik itu atas tugas, karir maupun jabatan atau kepercayaan yang diberikan pimpinan.


"Tadi pagi sebuah peristiwa luar biasa  terjadi di ruangan ini, di mana ada 33 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang dilantik. Patut disyukuri apa yang Bapak Ibu terima,  tetapi jangan lupa itu adalah amanah  kepercayaan kepada kita sebagai ASN," jelas Sekda.


Dikatakannya bahwa mutasi dan promosi merupakan hal biasa yang terjadi pada ASN untuk penyegaran dan kebutuhan organisasi. 


"Saya berharap kita semua tetap menjaga kekompakan dan soliditas sebagai ASN baik antar OPD, antar organisasi dan hubungan kita dengan organisasi luar. ini mohon supaya dijaga selalu," pesannya.


Kemudian  lanjut Sekda, ASN  harus tetap disiplin kerja dan taat pada aturan. ASN harus terus menerus meningkatkan kualitas dan kapabilitas, apalagi ini adalah era industrialisasi.


"Kita dituntut tidak hanya berlomba menguasai IT, juga berlomba dalam menguasai ilmu pengetahuan. Jika kita kalah menguasai iptek kita akan kalah dalam bekerja dan kinerja kita juga tentu tidak akan optimal," kata Sekda.


Sebagai ASN, lanjutnya lagi, harus mengembangkan kreativitas dan inovasi. Karena inovasi akan dinilai


"Nah kepala OPD dan pejabat lainnya yang tadi dilantik diharapkan terus-menerus berinovasi karena akan dinilai dan mudah-mudahan kita bisa mendapatkan insentif daerah sebagai bentuk kepercayaan dan bentuk penghargaan kreativitas kita semua," harapnya.


Sekda juga berpesan agar  ASN selalu menjaga sikap toleran antar umat beragama, karena di Indonesia i termasuk Kabupaten Sintang didiami banyak agama.


"Jadi harus saling toleransi kemudian tentu yang sudah baik, kita jaga terus dan tingkatkan.Mari kita sonsong tahun 2023 dengan penuh optimis dan harapan," pungkasnya.


Ketua Perayaan Natal Oikumene, Yustinus menyampaikan bahwa Perayaan natal bersama tahun ini  bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan  serta rasa kekeluargaan kita terutama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan ASN yang sudah berpartisipasi mendukung kegiatan ini sehingga Kegiatan dapat berjalan dengan baik.  Kami juga mengucapkan terima kasih kepada anak anak muda kita yang sudah berkreasi untuk

kelancaran dan suksesnya perayaan natal oikumene ini," ucap Yustinus.


Yustinus menyampaikan bahwa  peserta natal yang hadir kali ini tidak begitu banyak. Kondisi ini  karena ini libur yang Panjang. 


"Namun kita patut bersyukur pada malam hari ini kita masih bisa bersama-sama untuk merayakan Natal ini dengan memupuk rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan dan kekompakan serta semangat kita menyongsong Sintang yang Harmonis," ucapnya.


Ia mengatakan perayaan natal bersama ini sempat vakum selama dua tahun karena pandemi covid-19.


"Tahun ini kita mencoba melaksanakannya walaupun dengan kesederhanaan. Tapi saya yakin dengan semangat kebersamaan, kekompakan dan semangat kita?! bersatu untuk membangun Sintang yang harmonis sehingga ke depan semakin baik dan dapat terlaksana sesuai dengan harapan kita bersama," ujarnya.


"Kami menyampaikan mohon maaf apabila selama dalam pelaksanaan perayaan natal ini ada hal-hal yang kurang berkenan dan juga mungkin belum pas pada saat pelaksanaannya," pungkasnya.




Info Pemda Sintang


Reporter : K.Robenson

×
Berita Terbaru Update