Notification

×

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Gawai Dayak Nyelapat Tahun Desa Merepit Baru Berlangsung Meriah

Minggu, 10 Juli 2022 | 18.30.00 WIB Last Updated 2022-07-11T11:35:47Z


Sintang, transkapuas.com - Masyarakat Suku Dayak De'sa di Desa Merempit Baru Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Sabtu (9/7/2022).

Menggelar Gawai Adat Dayak Nyelapat Tahun, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kades Merempit Baru bersama pengurus desa, BPD, tokoh adat dan tokoh agama.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Desa Merempit Baru Janes Hartono,S.Pd.

Janes mengatakan, kegiatan gawai dayak yang dilaksanakan masyarakat Merempit di desa Merempit Baru ini tidak hanya merupakan rutinitas namun memiliki makna yang luar biasa guna melestarikan potensi budaya masyarakat.

"Kita sebagai masyarakat dayak De'sa terutama di desa Merempit Baru tentunya memiliki adat istiadat, seni budaya,dan selayaknya kita bisa di sebut masyarakat adat, memiliki nilai sejarah yang harus tetap kita jaga dari nenek moyang kita,seperti pelaksanaan gawai dayak ini," katanya.

Janes Hartono,S.Pd yang juga sebagai Kepala Desa Merempit Baru menambahkan sebagai masyarakat dayak de'sa yang memiliki adat istiadat mari kita gali potensi seni budaya kita,gali semua adat istiadat yang kita miliki, seperti seni budaya tari,kerajinan dan lainnya yang terkait dengan adat istiadat.

"Seperti kesenian tarian yang ditampilkan tadi sungguh luar biasa,mari kita gali terus dan dikembangkan sebagaimana kita sebagai suku dayak de'sa harus memiliki identitas diri kita," tambahnya.

Menurut Janes, sebagai umat beragama Gawai Nyelapat Tahun Gawai Dayak yang dilaksanakan suku Dayak De'sa ini, untuk mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Pencipta Langit dan Bumi serta isinya yang memiliki putra tunggal bagi orang Kristen dan Katolik sang juru selamat.

"Yang telah memberikan kita rejeki, memberikan berkah dan tentunya bukan hanya masalah perladangan, namun dalam setiap segi kehidupan yang telah diberikan Tuhan kepada kita," tegasnya.

Gawai Dayak Nyelapat Tahun kali ini dihadiri oleh seluruh warga masyarakat baik masyarakat setempat maupun Diluar masyarakat desa Merempit Baru yang kurang lebih hadir 3000 orang.

Adat Istiadat Merupakan Identitas Yang Harus Terus Dijaga dan Dikembangkan Karena Acara Gawai Dayak Merupakan Adat Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri Yang Menjadi Kebanggaan Masyarakat Dayak Pada Umumnya.

Reporter:K.Robenson.

×
Berita Terbaru Update