Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Jalan Selalong - Rawak Rusak Parah, Pemilik Loading Ramp Harus Berpartisipasi

Jumat, 13 Mei 2022 | 09.15.00 WIB Last Updated 2022-05-13T02:15:42Z

 

Yodi Setiawan, Ketua Komisi II DPRD kabupaten Sekadau

Sekadau, transkapuas.com - Ruas jalan yang menghubungkan pusat kota kabupaten Sekadau menuju kecamatan Sekadau hulu akhir - akhir ini mengalami rusak yang sangat parah.

Kerusakan parah terjadi  antara desa Selalong Sampai ke kota kecamatan Sekadau Hulu. Kerusakan  tersebut kian hari kian memperihatinkan.

Lubang mengganga di mana-mana, apabila hujan menguyur, selain licin, badan jalan juga sudah tidak bisa dibedakan, karena sebagian besar badan jalan sudah tidak lagi di lapisi aspal melainkan tanah merah. 

Jalan yang satu - satunya merupakan urat nadi perekonomian masyarakat kini sulit dilalui kendaraan bermotor.

Sebagian besar para pengendara yang melintas mengeluhkan atas kerusakan yang semakin parah. 

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi II DPRD Sekadau, Yodi Setiawan angkat bicara. Menurut Yodi, kerusakan jalan antara Desa Selalong sampai Rawak penyebabnya selain beberapa tahun tidak mendapatkan peningkatan, menjamurnya Loading Ramp atau tempat penampungan sementara tandan buah segar (TBS) di kawasan tersebut juga membuat jalan semakin parah. 

"Disitu ada banyak Loading Ramp yang membeli buah dari petani, kalau perusahaan MJP itu memiliki jalan sendiri dari kebun ke pabrik nya dan itu sudah kita cek, " kata Yodi Kamis (12/5) malam. 

Yodi menilai keberadaan loading Ramp  memang sangat membantu petani, namun yang salah nya para pemilik loading Ramp tidak ikut andil merawat jalan. Selain itu Loading Ramp tidak menjual buah dari petani kepada pabrik perusahaan terdekat melainkan ke pabrik perusahaan luar. 

"Jadi jangan hanya menyalahkan PT MJP, yang saya tau loading Ramp di situ kerja sama dengan perusahaan TBSM tapi pintu masuk nya lewat jalan perusahaan MJP, " ungkap Yodi. 

Ia meminta kepada loading Ramp agar membantu menangani kerusakan jalan, minimal loading Ramp menyediakan material dan perusahaan menyiapkan alat dan untuk perusahaan TBSM juga harus membantu mengatasi kerusakan jalan tersebut tegasnya.

"Harus ada kerja sama antar loading Ramp dan perusahaan terdekat, seperti MJP  dan TBSM, " pinta Yodi. 

Selain itu Yodi juga meminta pemerintah daerah turut hadir dalam mengatasi kerusakan jalan dan menerbitkan tata niaga TBS. (Sy) 


×
Berita Terbaru Update