Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

Desa Cantik: Terobosan Digital Menuju Transparansi dan Kemajuan

Rabu, 10 Juli 2024 | 13.04.00 WIB Last Updated 2024-07-10T06:04:05Z


OKI, transkapuas.com - Melalui terobosan digital menuju transparansi dan kemajuan daerah ,dinas komunikasi dan informasi (diskominfo) kabupaten  OKI , Sumatera Selatan , telah melaksanakan fasilitasi pembuatan website bagi Desa Cantik (Cinta Statistik) di aula kantor BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Rabu (10/7/2024).


Adi yanto selaku PLT kepala dinas Kominfo OKI Melalui Kabid Layanan e-Government, Muttaqin NS. S.Kom, Diskominfo telah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada desa untuk membuat website mereka sendiri, dengan harapan desa-desa di Bumi Bende Seguguk dapat lebih terbuka dalam menyampaikan informasi terkait sumber daya dan potensi yang dimiliki desa.

 

Kepala BPS OKI, Anugerahi Prasetyowati S.ST M.Si, menyatakan, "Kedua desa ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya dalam melakukan pengelolaan data sampai publikasi data, sehingga akan banyak benefit yang diperoleh bagi desa itu sendiri."ujar Anugrahi.

 

Dalam upaya pembinaan desa dalam pengelolaan data statistik, BPS OKI secara aktif memberikan dukungan. Pembuatan website Desa Cantik diharapkan akan meningkatkan kualitas yang dimiliki desa di Kabupaten OKI. Anugerahi Prasetyowati juga menambahkan, "Selain itu dengan pemanfaatan data, desa akan lebih mudah dalam merencanakan suatu program dan kebijakan (data-driven policy)."tegasnya

 

Kabid Layanan e-Government, Muttaqin, menegaskan, "Desa yang memiliki website berarti telah membuka potensi desanya untuk dikenal oleh dunia. Banyak sekali kemungkinan yang didapat dengan adanya website desa, seperti pengembangan potensi, pengembangan investasi, penelitian akademisi, dan lainnya."kata  Muttaqin.

 

Dalam mendukung ekosistem digital, Diskominfo OKI siap membantu desa dan BPS untuk menciptakan ekosistem digital yang lebih baik. Pembuatan website desa dianggap sebagai langkah awal yang dapat memberikan dampak besar jika dilakukan dengan komitmen yang kuat dan konsisten. Muttaqin menekankan, "Desa yang memiliki website berarti telah membuka potensi desanya untuk dikenal oleh dunia."ungkap nya ( mas Tris)

×
Berita Terbaru Update