Notification

×

Karendal OMB Kapuas Polda Kalbar Hadiri Apel Siaga Pengawasan dan Launching TPS Rawan Pemilu 2024

Kamis, 08 Februari 2024 | 10.55.00 WIB Last Updated 2024-02-08T03:55:08Z


Pontianak, transkapuas.com, - Karoops Polda Kalbar, Kombes. Pol. Mochamad Noor Subchan, S.I.K., M.H., Selaku Kepala Perencanaan dan pengendalian Operasi Mantap Brata Kapuas Polda Kalbar menghadiri Apel Siaga Pengawasan dan Launching TPS Rawan Pemilu 2024 di Gedung PCC Pontianak, Rabu, 07/02/2024. 


Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi media menyampaikan bahwa Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Ketua KPU beserta semua Rektor Universitas Kalimantan Barat, Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota beserta Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kalimantan Barat.


"Apel Siaga Pengawasan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas antara aparat keamanan, penyelenggara pemilu, dan pengawas pemilu dalam mengawal tahapan Pemilu 2024" Kata Kabidhumas


Dalam sambutannya pada saat acara tersebut, Karendal OMB menekankan pentingnya komitmen menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengamanan pemilu.


"Aparat keamanan harus bersikap netral dan tidak memihak kepada siapapun. Kita harus menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilu berlangsung," tegas Kombespol Subchan.


Pada kesempatan ini, juga dilakukan launching TPS Rawan Pemilu 2024. Dalam paparannya Karendalopsda menyampaikan Pemetaan Polri tentang sejumlah 17.626 TPS di Kalimantan Barat dikategorikan menjadi 3(tiga) : TPS Sangat Rawan sebanyak 161 TPS, Rawan sebanyak 794 TPS, dan tidak Rawan sebanyak 16.671 TPS


Ketua KPU Kalimantan Barat, Ramdan, mengapresiasi Kinerja Polri yang telah melakukan pemetaan situasi konflik yang didasari oleh beberapa Faktor.


"Kami mengapresiasi Kinerja Polri Yang telah melakukan pemetaan jauh hari untuk mencegah situasi pada pemilu ini yang didasari oleh beberapa faktor Antara Lain Akses Transportasi, Lokasi Terluar/Terjauh, Rawan Bencana, Sulit Akses Komunikasi, Histori Konflik, Memiliki Basis Simpatisan yang Fanatik Dan Resiko Pemungutan/ Penghitungan Suara ulang" Ujar Ramdan.


Dalam kesempatan itu juga Kombespol Subchan juga menyampaikan Polri akan menerjunkan personel nya Pada Pam TPS saat pemilu ini hingga ke pelosok penjuru wilayah Kalimantan Barat.


"Nantinya TPS Tersebut dijaga oleh 4122 Personil Polri Dan Dibantu 35.252 Petugas Keamanan Masyarakat (Linmas Dll), Dengan Pembagian sesuai tingkat kerawanan di TPS masing masing" tutup Karendalopsda.




Rizka Arabia Wulandari



Sumber : Humas Polda Kalbar

×
Berita Terbaru Update