Notification

×

Imlek

Imlek

HPN

HPN

Satgas Gakkum OMB aktif Lakukan Patroli Siber di Media Sosial

Kamis, 04 Januari 2024 | 21.15.00 WIB Last Updated 2024-01-04T14:15:19Z


Pontianak, transkapuas.com , - Polda Kalbar, Satgas Gakkum OMB yang dipimpin oleh Kasubsatgas Siber AKBP Aswandi, S.H.,M.H., melaksanakan patroli siber di media sosial. Patroli ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran berita Hoax dan konten sara menjelang Pemilu 2024. Kamis (04/01/2024)


Saat di konfirmasi oleh media, Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK,M.M menyampaikan bahwa Kasubsatgas Siber dalam struktur OMB berada dibawah Satgas Gakkum yang memiliki tugas rutin diturunkan langsung untuk menciptakan Sikamtibmas yang aman serta meminimalisir potensi kekacauan baik di dunia nyata maupun dunia maya.


“Giat satgas Siber ini untuk membaca dan menganalisa setiap berita yang mengandung Hoax dan Propaganda yang berkembang di masyarakat serta di media,” Kata Kombes Pol Raden Petit.


Dalam Patrolinya, Satgas Gakkum OMB menyasar berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. Mereka menelusuri konten -konten yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat, seperti berita hoax, ujaran kebencian, dan propaganda yang dapat menyinggung salah satu pihak.


Jika menemukan konten yang melanggar hukum, Satgas Gakkum OMB akan segera mengambil tindakan. Mereka akan berkomunikasi dengan platform media sosial tersebut untuk menghapus konten tersebut. Selain itu, mereka juga akan melakukan penyelidikan terhadap akun dimaksud.


Dalam patroli Siber, Satgas Gakkum OMB telah beberapa kali menemukan konten yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Salah satunya adalah konten yang menyebarkan berita hoax tentang salah satu calon presiden. Konten tersebut telah dihapus oleh platform media sosial setelah dikomunikasikan oleh Satgas Gakkum OMB Kapuas.


"Patroli siber ini merupakan salah satu upaya Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif dimasyarakat menjelang Pemilu 2024. Polri menghimbau masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan berita hoax atau konten yang mengsndung sara". Ujar AKBP Aswandi.


Patroli siber yang dilakukan oleh Satgas Gakkum OMB merupakan langkah yang positif dalam mencegah penyebaran berita hoax dan konten sara menjelang Pemilu 2024. Patroli ini diharapkan dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif di masyarakat.


Masyarakat juga dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran berita hoax dan konten sara. Yaitu dengan tidak ikut - ikutan menyebarkan berita hoax dan Masyarakat bisa segera melaporkan konten yang melanggar hukum ke pihak kepolisian.



Rizka Arabia Wulandari



Sumber : Humas Polda Kalbar

×
Berita Terbaru Update