Notification

×

Ulang Tahun GKII Karunia Dan Sejarah Kristen Sepan Lebang

Senin, 27 November 2023 | 06.40.00 WIB Last Updated 2023-11-26T23:40:59Z


Sintang,transkapuas.com - Pelayanan yang ada di GKII Karunia Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat adalah berkat kedatangan anak-anak Tuhan dari Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah yang bertransmigrasi.


Saat menyampaikan kata sambutannya Suwitnyo menceritakan bagaimana perjalanan mereka dari Jawa hingga bisa sampai ke Desa Sepan Lebang, pada Minggu (26/11/2023).


"Kita diberangkatkan dari Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah sebagai transmigrasi,dan pada saat itu kami dalam satu rombongan yang berjumlah 20 KK dan kami 9 KK adalah beragama Kristen", jelasnya.


"Kami berangkat hari Kamis pada tanggal 10 November 1988 dan tiba di Desa Sepan Lebang hari Selasa, tanggal 22 November 1988", tambah  Suwitnyo.


Menurut Suwitnyo awalnya Gereja Kristen belum ada termasuk jemaat Kristen waktu itu.


"Adanya Kristen di Desa Sepan Lebang yaitu kami 9 KK pada saat itu,dan kita juga belum memiliki gereja", terangnya.


"Akhirnya dengan waktu berjalan kami secara bergotong royong membuat Gereja yang sekarang di jadikan pastory, dan puji Tuhan anak-anak Tuhan semakin bertambah hingga saat ini, apalagi sekarang saudara-saudara kita yang asli dari sini juga ada yang beragama Kristen,ada yang dari Kayan, Sekadau,dan lain-lainnya", tambahnya Panjang lebar.


"Berangkat dari sejarah tersebut di mulainya ibadah perdana atau yang pertama,maka Badan Pengurus Jemaat (BPJ) dan Jemaat GKII Karunia Sepan Lebang mengambil keputusan bersama bahwa hari jadi lahirnya pelayanan di GKII Karunia Sepan Lebang adalah tanggal 27 November 1988,dan tanggal 27 November akan menjadi momen hari ulang tahun", tutupnya.


Ditempat yang sama dalam khotbahnya Pdt. Purwanto mengajak seluruh Jemaat untuk tetap bersyukur dan saling bergotong royong antara sesama maupun dengan masyarakat lainnya,dan mengajak seluruh Jemaat yang hadir untuk membaca di kitab Ulangan, 8:10-18.


"Berangkat dari komitmen dan saling bergotong royong sehingga semua yang kita rencanakan pasti berhasil", jelasnya.


"Kalimantan ini tempat yang sangat baik,dan masyarakatnya baik-baik,jadi kita patut bersyukur dan jangan pernah sombong dengan sesama baik dengan jemaat kita di sini maupun dengan tetangga dan Jemaat yang lainnya", tambah Pdt. Purwanto.


Pdt. Purwanto yang belum lama bertugas di GKII Karunia Sepan Lebang juga mengatakan bahwa berkat saling mengasihi antar sesama sehingga saat ini Jemaat GKII Karunia semakin bertambah.


"Sebenarnya acara ulang tahun besok Senin 27 November 2023,namun karena hari ini adalah hari minggu sekaligus ibadah jadi kita bisa langsung lanjutkan ke acara ulang tahun untuk hari ini", ucap Pdt. Purwanto.


"Semoga di tahun yang akan datang GKII Karunia Sepan Lebang semakin maju untuk kemuliaan Tuhan,dan di ulang tahun ke 35 tahun ini kita semakin dewasa di dalam Tuhan dan semakin kompak dalam pelayanan", tutup Pdt. Purwanto.


Berangkat dari 9 KK yang terdiri dari 20 orang dewasa dan 24 anak dan remaja.


Selesai ibadah, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan sebelum menyantap hidangan yang sudah di persiapkan dilakukan doa makan yang di pimpin oleh Pak Sutardi.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update