Notification

×

Ini Kata Aron Saat Hadiri Deklarasi ODF Desa Gonis Tekam

Rabu, 29 November 2023 | 14.46.00 WIB Last Updated 2023-11-29T07:46:02Z


Sekadau, transkapuas.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir Melakukan Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pilar 1-3, yakni; Stop BABS atau open deffecation free (ODF), cuci tangan pakai sabun, serta pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, di Kantor Desa Gonis Tekam Jalan Raya Sekadau-Sintang pada hari Rabu, 29 November 2023.


Hari ini desa Gonis Tekam yang memiliki semboyan "Maju Mandiri Sejahtera dan Bermartabat" mewujudkan deklarasi ODF pada urutan ke 7 desa se-kecamatan Sekadau Hilir. Namun 2 Pilar lagi belum terwujudkan, yakni pilar 4 dan 5.


Pada sambutannya Bupati Sekadau, Aron mengatakan pemerintah daerah mendorong pemdes agar melakukan deklarasi, karena baru Kecamatan Nanga taman yang 100 persen deklarasi STBM.


Tahun depan dengan support seluruh stakeholder, menargetkan deklarasi di tingkat kecamatan dan beberapa kecamatan lain, kalau kita bekerjasama maka barang ini kita bisa wujudkan.


"Saya mengucapkan terimakasih kepada WVI dan Timang Kaseh karena telah menyampaikan kepada masyarakat tentang sanitasi ini," ucap Aron.


Ada dasarnya kita melakukan ODF, tahun lalu pemerintah daerah telah mengedarkan surat jumat bersih, kita mendorong itu semua karena kesehatan itu mahal, pergi ke rumah sakit sangat mahal, dan bapak ibu kesulitan bayar biaya pengobatan.


"PR berat pemerintah kabupaten Sekadau juga terkait angka stunting yang tahun-tahun sebelumnya capai 35 persen, sehingga saya hampir tidak berani menyampaikan angka stunting saat ada kegiatan, namun seiring berjalannya waktu angka stunting menurun hingga 17,50 persen," kata Aron.


"Kepada masyarakat, karena pengobatan gratis silahkan cek tensi, dan Pemkab memberikan bantuan kacamata bagi orang tua Lanjut usia, itu kacamata baca bukan untuk gaya," tuturnya.


"Di tahun depan akan melaksanakan operasi katarak, sebenarnya tahun ini, ini bagian dari agenda Pemerintah kabupaten Sekadau. Kami memastikan program-program pemerintah bisa berjalan baik dan lancar," tambahnya.


Mengingat pada tanggal 28 November kemarin mulai kampanye, mari bersama kita menyukseskan agenda besar Republik Indonesia ini.


Tentu kami berharap siapa terpilih adalah putra putri baik dari kabupaten Sekadau, jangan sampai diantara tim ada yang kelahi, karena demokrasi bukan hal yang baru namun kita sering melakukan demokrasi.


"Mari kita menjaga situasi ini dengan baik, Apalagi gonis tekam jumlah penduduk nya besar, adalah incaran para caleg-caleg," pinta bupati Aron 


Seusai sambutan, acara diisi dengan penyerahan penghargaan, bantuan kacamata untuk lanjut usia, serta bantuan susu ibu hamil dan anak dari dinas kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, dilanjutkan penandatanganan prasasti ODF dan pembukaan tirai 3 pilar STBM, serta melaksanakan purna tugas, kepala seksi pemerintahan desa Gonis Tekam, Frederikus Tiam.


Kepala Desa Gonis Tekam, Rizal Arafat pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa setelah verifikasi dari dinas kesehatan barulah desa Gonis Tekam bisa melaksanakan ODF, bukan hanya hari ini saja, tetapi menjaga kedepan agar tetap dijalankan stop BABS itu lebih penting.


"Desa ke 7 yang sudah melaksanakan ODF bahwa kami untuk tahun 2019 hanya bisa menganggarkan WC bagi 70 KK, di tahun 2020/2021 tidak dianggarkan karena covid 19, pada tahun 2022 baru dianggarkan, nah, tahun ini dibantu Dinas kesehatan, Wahana Visi Indonesia, puskesmas simpang 4 sehingga kita bisa melaksanakan, tetapi sampai pilar ke 3 saja," ucap Rizal.


"Tentu kami ingin 3 pilar ini dideklarasikan sudah cukup, untuk mendapatkan 5 pilar ini harus ada intervensi, baik pilar ke 4 pengelolaan sampah dan pilar ke 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga, namun sudah dilakukan cuma belum optimal," pungkas Rizal. (Tim/dn)

×
Berita Terbaru Update