Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

Tower Tanpa Sinyal Di 2 Desa Kelam Permai

Selasa, 05 September 2023 | 08.35.00 WIB Last Updated 2023-09-05T01:35:51Z

 


Sintang, transkapuas.com - Fungsi BTS adalah mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi seperti telepon seluler, telepon rumah dan sejenis gawai lainnya.


Namun lain halnya dengan menara tower yang berdiri megah yang berada di dua Desa yaitu di Desa Bengkuang dan Desa Sungai Labi Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.


Saat awak media datang ke lokasi dan menemui kedua Kades setempat tower tersebut memang sudah tidak aktif (tidak ada sinyal) pada Jumat (1/9/2023).


Menurut Kepala Desa Bengkuang Dimanto saat ditanya oleh awak media terkait dengan tidak aktifnya tower yang berada tepat di belakang SDN Bengkuang dan di depan Gereja Katolik Kecamatan Kelam Permai tersebut sudah lama tidak aktif dan berfungsi.


"Sudah hampir beberapa bulan tower di tempat kami tidak akif, kami pun tidak tau apa penyebab tidak aktifnya tower tersebut", jelas Kades.


"Kami mengharapkan pihak terkait untuk bisa segera mengaktifkan tower itu, karena kita di sini untuk berkomunikasi sangat sulit mengingat jauh dari pusat Kecamatan Kelam Permai", tambah Dimanto yang juga sebagai Kepala Desa Bengkuang.


Ditempat terpisah saat ditemui Kepala Desa Sungai Labi Kecamatan Kelam Permai Heldi Gardis juga menyampaikan hal yang sama, bahwa di desanya tower yang sudah berdiri, hingga saat ini sudah tidak aktif tidak ada sinyal.


"Dulunya sudah diaktifkan, tapi ini sudah hampir 2 minggu tidak aktif lagi (tidak ada sinyal)", terang Heldi Gardis.


"Kita juga akan menyampaikan ke Kominfo Sintang dengan mengirim surat pemberitahuan tentang tidak adanya sinyal di tempat kami,karena sinyal terutama internet sangatlah dibutuhkan oleh kami disini, apalagi Desa kami merupakan Desa yang paling jauh dari pusat Kecamatan Kelam Permai", tambah Kades Sungai Labi.


Adapun surat yang di kirim ke Kominfo Sintang dengan nomor surat : 140/37/Pem/2023, tentang pemberitahuan tidak adanya Sinyal /hilang sinyal yang ditujukan kepada Kepala Kominfo Sintang. Tower tersebut berada di Desa Sungai Labi :

Site ID : KLB005259

Site Name : Sungai Labi

Alamat : Sintang Kalimantan Barat, Sungai Labi Kecamatan Kelam Permai.

Koordinat : LONG 111 89837 LAT : 0 13222.

Tipe dan Ketinggian Tower : TOWER SST 4L 72 HEIGHT LIGHT.

Tahun Pembangunan : 2022

Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala Desa Sungai Labi, Heldi Gardis dan tembusan kepada Camat Kelam Permai.


Saat di hubungi melalui WhatsApp Kadis Kominfo Paulinus mengatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan ke pihak Bhakti Kominfo terkait dengan laporan tidak adanya Sinyal.


"Untuk pengaktifan tower telah kita sampaikan ke Bhakti", tulis Kadis Kominfo singkat.


"Setiap laporan akan kami sampaikan ke Bhakti pak", tambahnya lagi.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update