Notification

×

Kades Neran Baya Tidak Bagikan BLT-DD, KPM Bertindak

Senin, 21 Agustus 2023 | 13.07.00 WIB Last Updated 2023-08-21T06:07:30Z

 


Sintang,transkapuas.com - Penyaluran BLT-DD 2023 bertujuan untuk membantu warga miskin (ektrim) yang ada di Desa. Hampir di setiap desa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD). Namun yang terjadi di Desa Neran Baya Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Kalimantan Barat hingga saat ini BLT-DD yang seharusnya sudah di terima oleh warga miskin belum disalurkan kepada (KPM).


Saat menghubungi awak media transkapuas.com pada minggu 6 Agustus 2023 pukul 09.00 wib beberapa warga masyarakat Desa Neran Baya mengatakan bahwa mereka juga sebagai penerima BLT-DD namun sampai saat ini di bulan Agustus 2023 bantuan langsung tunai tersebut tidak dibagikan oleh Kades.


"Tahap 2 dan 3 belum ada dibagikan bang,dimana untuk tahap 2 dari bulan April s/d bulan Juni 2023, sedangkan untuk tahap 3 dari bulan Juli s/d bulan September 2023 sama sekali tidak di bagikan oleh pihak Desa kepada kami warga sebagai penerima BLT-DD", tulisnya.


Menurut warga untuk penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari Dana Desa berjumlah 21 orang dari 3 dusun yang ada di Desa Neran Baya.


"Asli bang kami 21 orang di Desa Neran belum ada menerima BLT-DD", tambahnya singkat.


Saat awak media menghubungi Ketua BPD Desa Neran Baya Silas terkait dengan persoalan yang terjadi belum disalurkannya BLT-DD tersebut,Ketua BPD Desa Neran Baya mengatakan akan menyurati Kades Neran Baya dan akan mengundang wartawan.


"Nunggu surat teguran ke tiga tidak diindah kan Mawan, baru kami ngundang kita wartawan pucuk,,sekalian di wawancara dengan beberapa tokoh masyarakat pagi, tinggal sekali gik kami nyurat Mawan", tulis Ketua BPD.


Ketua BPD Desa Neran Baya menambahkan bahwa dirinya bersama anggota BPD Desa Neran Baya dan Tokoh Masyarakat Desa Neran Baya akan melakukan musyawarah terkait dengan hal tersebut.


"Auk bang, ada ku bilang nanti, nunggu kami BPD dah bepekat dengan segala tokoh² di masyarakat desa neran baya", tambah Silas sapaan akrabnya.


Ditempat terpisah Camat Kayan Hilir Oktavius,S.Sos. M.Si saat dihubungi melalui WhatsApp mengatakan bahwa dirinya belum bertemu dengan Kepala Desa Neran Baya dan belum dapat memberikan penjelasan.


"Saya belum bertemu langsung dengan kepala desanya",tulis Camat singkat.


Saat ditanya nomor WhatsApp Kades Neran Baya Camat menjelaskan bahwa Nomor WhatsApp Kades Neran Baya sudah diganti.


"Pak kadesnya sudah ganti no HP nya, saya belum dapat yang baru",tambah Oktavius yang juga sebagai Camat Kayan Hilir.


Dihubungi melalui WhatsApp pada Minggu 20 Agustus 2021 terkait dengan surat pernyataan yang dibuat oleh KPM dan ditandatangani bersama-sama dengan BPD Desa Neran Baya tersebut, Camat Kayan Hilir Oktavius pada pukul 18.55 wib mengatakan bahwa dirinya belum menerima surat pernyataan dan dirinya masih ada kunjung kerja ke salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Kayan Hilir.


"Selamat sore.

Saya sedang di desa linggam permai, Saya belum mendapatkan surat tersebut", tulis Camat singkat.


Saat ditemui pada Senin 7 Agustus 2023 Pukul 19.45 wib di RSUD Sintang Kepala Desa Neran Baya Mawan,Sp.d menjelaskan bahwa Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) sudah ada di tempat dirinya namun belum sempat disalurkan kepada Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) yang ada di Desa Neran Baya.


"Duit untuk mereka penerimaan BLT-DD sudah ada namun belum saya bagikan, tunggu urusan saya ini sudah selesai", jelas Mawan


"Terus terang BLT-DD ini khusus untuk masyarakat yang tidak mampu atau miskin ektrim,tapi kalau ini jadi permasalahan maka BLT-DD tidak akan saya bagikan atau saya nol kan,saya tidak khawatir karena ini masih tahun berjalan cuma keputusannya setelah saya sudah bertemu dengan mereka KPM dan saya akan bermusyawarah dengan mereka Keluarga Penerimaan Manfaat", tambah Kades Neran Baya panjang lebar.


Pada hari Minggu tanggal 20 Agustus 2023 awak media kembali menghubungi Kepada Desa Neran Baya Mawan melalui WhatsApp namun hingga Senin 21 Agustus 2023 tidak ada balasan dari kades walaupun wa terkirim dan terbaca oleh yang bersangkutan.


Saat awak media transkapuas.com menghubungi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Herkolanus Roni,SH.M.Si pada minggu tanggal 20 Agustus 2023 pada pukul 13.19 wib mengatakan bahwa dirinya sama sekali belum tau permasalahan yang terjadi bahkan Camat Kayan Hilir juga belum ada menginformasikan terkait belum dibagikannya BLT-DD tersebut kepada Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM). Menurut Herkolanus Roni BLT hak masyarakat yang wajib dibagikan.


"o ya pak, saya baru dapat kabar dari bapak, camat pun belum pernah memberi info masalah ini. 

BLT hak masyarakat yang wajib di bagikan, apa kendala saya belum tau pak, karna kami belum tau apa masalahnya sehingga belum di bagi kan", tulis Kadis DPMPD Herkolanus Roni.


Hingga berita ini disiarkan BLT-DD yang bersumber dari Dana Desa tersebut belum di bagikan oleh Kepala Desa kepada Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) di tiga dusun yang berada di Desa Neran Baya Kecamatan Kayan Hilir.


Warga masyarakat penerima BLT-DD tersebut meminta kepada Kepala Desa dan pihak terkait di Desa Neran Baya segera menyalurkan bantuan langsung tunai tersebut kepada mereka yang berada di 3 Dusun diantaranya Dusun Sungai Rian,Dusun Neran dan Dusun Sungai Berkat dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani bersama dan di cap stempel oleh Ketua BPD berserta anggota BPD Desa Neran Baya dan Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) dengan bermaterai 10.000 (sepuluh ribu).


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update