Notification

×

YESSY MELIANA

YESSY MELIANA

MTQ DPRD kabupaten Sekadau

MTQ DPRD kabupaten Sekadau

Sarasehan Nasional Tentang Ebiet G. Ade Menjalin Persatuan dan Kesatuan Sesama Penggemar dan Komunitas

Senin, 17 Juli 2023 | 12.03.00 WIB Last Updated 2023-07-17T05:03:09Z


Jakarta, transkapuas.com -Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far atau lebih dikenal dengan nama Ebiet G. Ade, adalah seorang musisi dan penulis yg handal. Ebiet dikenal dengan lagu-lagunya yang bertemakan alam dan duka derita kelompok tersisih. Lewat lagu-lagunya yang bergenre folk pop, country dan soft rock serta dikemas dalam format balada.

Pada awal kariernya, ia memotret suasana kehidupan Indonesia pada akhir tahun 1970-an hingga sekarang. Tema lagunya beragam, tidak hanya tentang cinta, tetapi ada juga lagu-lagu bertemakan alam, sosial-politik, bencana, religius, keluarga, dll.


Sentuhan musiknya sempat mendorong pembaruan pada dunia musik pop Indonesia. Semua lagu ditulisnya sendiri.

Dari sisi inilah,maka tidak heran bila seorang Ebiet G Ade punya banyak penggemar yang sangat fanatik.

"Sudah lebih dari 10 tahun Komunitas Membumi Bersama Ebiet G. Ade ini berdiri" Kata Kustara sang Sekjen dari Komunitas Members Ega dalam acara Sarasehan Nasional Komunitas Membumi Bersama Ega di sebuah Cafe Bambu Ojo Tangerang(16072023 ) lebih lanjut Kustara mengungkapkan Komunitas Membumi Bersama Ebiet G. Ade atau Members Ega, semata mata didirikan bukan hanya sekedar sebagai wadah berkumpulnya para penggemar saja, tapi juga komunitas ini selalu berupaya dengan program program nyata yang memang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sudah banyak kegiatan yg diselenggarakan seperti program bakti sosial, penghijauan, sunatan massal dll. Misal ada korban bencana alam, Komunitas Members Ega selalu peduli.

"Ini kita lakukan sebagai salah satu cara bagaimana kita bisa menerjemahkan makna dari suara mas Ebiet dalam menyerukan lagu lagunya yang bertemakan sosial" kata Kustara lebih lanjut 


Sebagai rumah Komunitas musik yg sangat mumpuni, Members Ega diketuai oleh Harsono Anest, tinggal di Sragen, seorang pekerja swasta yg sudah mengenal sang maestro sejak belum menikah dengan penyanyi Yayu Sugianto, sayang dalam acara Sarasehan tersebut tidak bisa hadir, karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkannya.


Komunitas Members Ega mungkin satu satunya Komunitas Musik di Indonesia yg memiliki legalitas dan tercatat di lembaran negara, tak hanya itu saja Members Ega juga mempunyai wadah pelestari lagu lagu Ebiet G. Ade, yg dikomandani oleh Surya Jama, namanya NCSK Project Band (Nyanyian Cinta Suatu Ketika) sebuah wadah yg terbina sangat rapi, dan selalu menjadi jembatan para penggemar Ebiet G Ade untuk bernyanyi melestarikan karya sang Maestro.

"NCSK dibentuk sebagai anak dari Komunitas Members Ega, tujuan utamanya adalah sebagai wadah penyaluran minat dan bakat para fans Pak Ebiet untuk bisa berekspresi dalam menyanyikan lagu lagu karya beliau" Jelas Surya Jama, lebih jauh menurut sang pencetus lahirnya NCSK juga berharap agar para anggota Komunitas Members Ega bisa terus melestarikan lagu lagu karya Sang Maestro. Untuk para penggemar yg ingin bergabung menjadi anggota bisa bergabung kedalam Komunitas Membumi Bersama Ebiet G. Ade melalui akun yg dimiliki di Media Sosial Facebook (FB), atau bisa nonton dalam Channel YouTube NCSK.

"Kami sangat senang dan bangga bila ada anggota anggota baru yg yg tentunya mencintai akan karya karya sang maestro" imbuh Surya Jama penuh semangat.


Perlu diketahui juga Komunitas Membumi Bersama Ega juga punya wadah dalam bentuk Koperasi yang disebut Koperasi Membumi Bersama, Koperasi ini belum lama berdiri dan sudah memiliki anggota cukup banyak dan mayoritas adalah anggota Members Ega


( Azis )

×
Berita Terbaru Update