Notification

×

PGD XII Kabupaten Sekadau Resmi Dibuka

Selasa, 18 Juli 2023 | 13.22.00 WIB Last Updated 2023-07-18T06:22:09Z

 


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Pembukaan Pekan Gawai Dayak (PGD) Ke XII kabupaten Sekadau tahun 2023, di rumah betang Youth Center Sekadau, Selasa (18/7/2023). 


Gawai Dayak ke XII kabupaten Sekadau kali ini mengangkat tema 'Bersatu Untuk Semua', dan Sub Tema Dengan Persatuan Kita Wujudkan Dayak Yang Maju, Bermartabat dan Berdaulat. PGD XII kabupaten Sekadau digelar dari tanggal 18 - 22 Juli 2023 yang dilaksanakan di Betang Youth Center Sekadau. 


Ketua Panitia, Martinus Siden dalam pidatonya menyampaikan tujuan PGD XII Kabupaten Sekadau adalah sebagai puncak akhir dari gawai-gawai yang ada di kampung di seluruh kabupaten Sekadau. 



"Tujuan PGD ke XII Kabupaten Sekadau adalah sebagai puncak akhir gawai dayak yang ada di kampung-kampung dan sarana mempromosikan budaya Dayak di ajang baik lokal maupun Nasional," kata ketua Panitia.


"Sumber Dana dalam pelaksanaan PGD ini adalah berasal dari Hibah Pemkab Sekadau dan para donatur yang tidak mengikat, terimakasih atas dukungan dan sponsornya dalam pelaksanaan PGD XII tahun 2023," tambah Sinden.



Sementara itu, ketua DAD kabupaten Sekadau, Jebray Raja Tugam dalam kesempatan yang sama menyampaikan selamat melaksanakan gawai dayak ke XII kabupaten Sekadau. 


"Selamat melaksanakan gawai dayak ke XII kabupaten Sekadau, dan mari kita rayakan gawai dengan suka cita," ucap ketua DAD kabupaten Sekadau. 





"Gawai bukan berarti kita cuma merayakan pesta panen, tetapi semua berkat dan hasil kita selama satu tahun," tambah Jebray. 



Cornelis Kimha, Ketua Umum DAD provinsi Kalimantan Barat menyampaikan selamat atas terselenggaranya gawai dayak XII kabupaten Sekadau. 



"Selamat gawai melaksanakan gawai dayak ke XII kabupaten Sekadau, semoga dengan gawai ini, masyarakat adat dayak semakin maju dan semakin bermartabat," kata Kimha.



"DAD sudah ada 41 tahun yang lalu dan gawai dayak ini sudah dilaksanakan selama 37 tahun, DAD terbentuk tahun 1982," tambahnya. 





Pada kesempatan tersebut, bupati Sekadau menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan gawai dayak XII kabupaten Sekadau. 




"Saya atas nama pemerintah daerah kabupaten Sekadau dan masyarakat kabupaten Sekadau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan gawai dayak ini," kata Aron. 



" Saya mengapresiasi kepada sub suku dayak kerabat yang menjadi tuan rumah PGD XII kali ini, sungguh luar biasa," tambah Aron. 


Aron juga minta supaya acara PGD ini bisa diagendakan jadwalnya, supaya bisa menjadi agenda pemkab Sekadau. 


"Saya minta PGD ini diagendakan jadwalnya dan dilaksanakan secara rutin, sehingga bisa menjadi agenda pemerintah daerah kabupaten Sekadau, sebagai bantuan pemkab Sekadau, pemkab sudah memberikan bantuan berupa dana Hibah," ucap Aron. 


Selanjutnya bupati Sekadau memukul gong sebanyak 7 kali tanda dibukanya PGD XII kabupaten Sekadau tahun 2023. (Sy) 


×
Berita Terbaru Update