Notification

×

PCNU: Tema PGD ke-XII Cocok Dengan Tahun Baru Hijriyah

Selasa, 18 Juli 2023 | 17.15.00 WIB Last Updated 2023-07-18T10:15:08Z

 



SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Sekadau mengapresiasi pekan Gawai Dayak ke-XII Kabupaten Sekadau, yang diselenggarakan sub suku Dayak Kerabat yang berlangsung meriah di Betang Yout Center Sekadau.


"Kita apresiasi tema yang di usung tahun ini, yakni 'bersatu untuk semua," Ucap Kiayi Tohidin ketua Tanfidziyah PCNU Sekadau.


Menurut mantan Kasatkorwil Kalbar Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ini mengatakan, dengan tema yang diusung sudah selaras dengan keperluan kita sebagai lintas etnis.


"Kalau sudah bersatu, maka tidak ada lagi kata kamu agama ini, kami agama itu," ujar Tohidin


Kami di NU, lanjut Abah Tohidin, sapaan akrab santrinya ini. Kami juga memiliki kader NU orang Dayak yakni Dayak Mualang bahkan komandan Banser Sekadau itu berdarah Mualang ada juga beberapa kader NU Sekadau bersuku Dayak Senganan," kata dia


Abah tohidin juga menyebut PGD kali ini yang waktu pelaksanaanya bersamaan dengan tahun baru Hijriyah. Tahun baru Hijriyah ini adalah juga peringatan berdirinya negara Madinah yang dimana Negara Madinah adalah Negara damai yang didirikan diatas konsesus bersama seluruh elemen bangsa yang tinggal di tempat tersebut dari berbagai latar belakang suku dan agama yang berbeda. 


Rosululloh sebagai Nabi sekaligus sebagai Kepala Negara bersepakat dengan seluruh elemen bangsa untuk saling melindungi dan saling menghormati perbedaan dan bersepakat untuk sama-sama menjaga keselamatan negara dari gangguan siapapun atas nama apapun.


Di Negara Madinah Orang Islam, Yahudi dan Kristiani Hidup berdampingan secara damai dalam sebuah konsensus kenegaraan yang disepakati bersama, dimana semua sepakat saling melindungi, konsensus itu kemudian dikenal dengan Piagam Madinah.


atas dasar semangat itulah Ketua PCNU Sekadau mengucapkan selamat atas terlaksananya Kegiatan Gawai Dayak ke XII di Kabupaten Sekadau yang Di Buka oleh Bapak Bupati berbarengan dengan menjelang peringatan Tahun Baru Hijriah.


"Salut untuk Komitmen dan Teladan dalam menjaga kedamaian dalam perbedaan keragaman yang di tunjukkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau," Pungkas Tohidin



(IWAN)

×
Berita Terbaru Update