Notification

×

Korban Gigitan Anjing Desa Tirta Karya Meninggal Dunia

Kamis, 08 Juni 2023 | 13.41.00 WIB Last Updated 2023-06-13T06:43:19Z

 


Sintang,transkapuas.com - Anak bernama Ardiansah  (10) warga Dusun Meriau Batu Desa Tirta Karya Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat meninggal dunia pada Kamis, 8 Juni 2023. Ardiansah meninggal dunia akibat tertular rabies dari anjing yang menggigitnya pada Kamis, 6 April 2023 lalu.


Saat dihubungi melalui WhatsApp terkait dengan adanya korban jiwa akibat gigitan anjing, pada Kamis, 8 Juni 2023 pukul,10.25 wib Kepala Desa Tirta Karya Yulianus Kanisius membenarkan hal tersebut.


"Benar pak", tulis Kades singkat.


Menurut Yulianus Kanisius yang juga Kepala Desa Tirta Karya mengatakan bahwa korban meninggal dunia di rumah sakit umum Sintang.


"Tadi pagi sekitar jam 02:30 wib meninggal di RSUD sintang pak", tambahnya.


"Korban bernama Ardiansah usia 10 tahun, digigit anjing pada tgl 6 april 2023. Alamat RT.06 Dusun Meriau Batu Desa Tirta Karya Kecamatan Ketungau Tengah", jelas Kades lagi.


Kades Tirta Karya juga menjelaskan bahwa korban sempat di rawat di medis terdekat sebelum di bawa ke puskesmas Nanga Merakai dan selanjutnya di rujuk ke RSUD Sintang.


"Ditangani perawat di desa Panding Jaya (medis terdekat), dirujuk ke puskesmas Nanga Merakai, hanya sayang tidak dibawa ortunya  ke puskesmas untuk var. Pada tgl 28 mei 2023 baru dibawa ke puskesmas Nanga Merakai setelah muncul gejala, kaki sulit digerakkan dan suhu badannya tinggi. Dirujuk ke RSUD Sintang pada tgl 29 mei 2023", tulis kades panjang lebar.


"Kasus almarhum Ardiansah diluar pengetahuan kami, ada 3 kasus gigitan lagi yang terpantau oleh kami langsung kami bawa ke puskesmas Ng. Merakai untuk mendapatkan var sesuai tahapan, sampai saat ini kondisi aman pak", lanjut Kades Tirta Karya.


Menurut Kepala Desa Tirta Karya bahwa untuk sekarang anjing peliharaan sudah di vaksin semua.


"Anjing Sudah di vaksin semua pak", terang Yulianus Kanisius.


Kades Tirta Karya juga mengucapkan belasungkawa atas kejadian tersebut dan untuk keluarga agar diberikan ketabahan.


"Saya atas nama pribadi dan sekaligus mewakili pemerintah Desa Tirta Karya serta seluruh masyarakat Desa Tirta Karya turut berdukacita atas meninggalnya warga kami dan untuk keluarga agar diberikan ketabahan dan kekuatan", kata Kades.


Ditempat terpisah Kepala Dinas Kesehatan Edi Hermaini saat dihubungi melalui WhatsApp terkait dengan kasus korban gigitan anjing tersebut belum dapat memberikan tanggapan.


"Mohon maaf Mas...

Saya proses boarding...

Kalau bisa ke Pak Darmadi d Kantor ya..

Tq", tulis Kadis singkat.


Almarhum Ardiansah korban gigitan anjing yang meninggal dunia tersebut adalah putra dari pak Dengku.


Rabies merupakan virus mematikan yang berasal dari gigitan hewan terinfeksi yang sangat berbahaya bagi manusia.


Reporter : K. Robenson 

×
Berita Terbaru Update