Notification

×

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (Pemda)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (DPRD)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak (PH)

Gawai Dayak stg (3)

Gawai Dayak stg (3)

GAWAI Dayak stg (2)

GAWAI Dayak stg (2)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (1)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak stg (4)

Gawai Dayak DTG (5)

Gawai Dayak DTG (5)

Aron Resmikan Rumah Sakit Pratama Nanga Mahap

Selasa, 27 Juni 2023 | 21.40.00 WIB Last Updated 2023-06-27T14:45:48Z

 


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Bupati Sekadau melakukan peresmian Gedung Rumah Sakit (RS) Pratama, Desa Landau Apin, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Selasa (27/6/2023). 


Rumah Sakit Pratama yang begitu megah ini sebagai sebuah sejarah di Nanga Mahap, khususnya Desa Landau Apin. Tempatnya sangat strategis, juga berada diujung Kecamatan, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Ketapang.


Hadirnya rumah sakit ini dapat membantu warga kurang mampu dan kesulitan dalam ekonomi, sehingga pemerintah daerah senantiasa bersinergi dan kerjasama untuk membangun kebutuhan kesehatan masyarakat yang memadai.


Pembebasan lahan untuk pembanguan RS Pratama seluas 4 hektar ini hibah dari Pemdes kepada Pemda sejak tahun 2022. Di anggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik senilai Rp. 24.071.300.000, yang terbagi dari Rp. 13.650.000.000 pembangunan gedung dan Rp. 10.421.300.000 biaya sarana dan prasarana pendukung.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Sekadau, Aron menyampaikan Rumah Sakit ini merupakan salah satu impian semua masyarakat. 



"Rumah Sakit Pratama ini merupakan salah satu impian kita semua, terutama masyarakat bisa memiliki Rumah Sakit Pratama yang begitu megah," kata Aron.


"Tentu harapan kami sebagai pemerintah daerah secepatnya Rumah Sakit Pratama ini beroperasi agar masyarakat dapat merasakan", lanjutnya.


Bupati juga mengatakan, Pemerintah daerah saat ini memang fokus kepada program IP3K. 


"Pemerintah Daerah saat ini memang fokus kepada program IP3K, kita prioritaskan di sektor - sektor tersebut," ungkap Bupati Sekadau. 


Kesempatan yang sama, Kepala Dinkes, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menyampaikan RUSD Sekadau berkapasitas hanya 120 tempat tidur untuk 15.707 jiwa penduduk Kabupaten Sekadau.


"RSUD Sekadau berkapasitas hanya 120 tempat tidur untuk 15.707 jiwa penduduk Kabupaten Sekadau. Sehingga 2.000 per satu tempat tidur, padahal standar dari Kemenkes RI itu 1.000, maka dari itu Pemerintahan Kabupaten Sekadau inisiatif menambah fasilitas kesehatan masyarakat," ungkap Henry Alpius. 



"Kedepan bisa beroperasi jika ada sarana listrik, ini tinggal menunggu persetujuan pihak PLN, serta ijin operasional yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah", lanjutnya.


Menurut Ia untuk menunjang operasional Rumah Sakit Pratama ini tentu memenuhi SDM dan pendataan tenaga mengutamakan putra putri daerah. Ini atas dasar saran Plh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bahwa pemerintah daerah segera mengoperasikan agar mendapat bantuan fisik dari pusat.


Nanga Mahap merupakan kecamatan yang terdiri dari 13 desa, sebanyak 52 dusun dengan jumlah penduduk lebih dari 4 ribu ini hanya tersedia satu Puskesmas Rawat Inap, 13 Postu dan 7 Polindes, serta 52 tenaga kesehatan.


Advokasi Pelayanan Kesehatan Bergerak juga salah satu program yang digaungkan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau dalam rangka penurunan angka stunting. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update