Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

Jembatan Gantung Dusun Belungkak Desa Bengkuang Terputus

Rabu, 10 Mei 2023 | 15.19.00 WIB Last Updated 2023-05-10T08:35:37Z


Sintang,transkapuas.com - Jembatan gantung yang terletak di Dusun Belungkak Desa Bengkuang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, ambruk tertimpa pohon saat hujan lebat dan disertai angin kencang mengguyur wilayah itu, pada Kamis, (30/3/2023) sekitar Pukul 20.30 WIB. 


Akibatnya, 40 KK dan 126 jiwa yang bermukim di Dusun Belungkak susah untuk berpergian apalagi saat banjir, akibat akses transportasi satu-satunya itu roboh dan putus.


Saat ditemui awak media, Kepala Desa Bengkuang Dimanto menjelaskan bahwa jembatan tersebut merupakan akses utama masyarakat di Dusun Belungkak. Selasa, (10/5/2023).


"Jembatan gantung yang terputus akibat pohon tumbang tersebut memang akses utama masyarakat saya di Dusun Belungkak, yang mana apabila masyarakat mau berpergian hanya melewati jembatan tersebut", jelas Kades.


"Saya mengharapkan ada perhatian dari pihak terkait untuk bisa memperbaiki jembatan tersebut, karena ini akses juga bagi anak sekolah yang akan bersekolah ke pusat Desa, apalagi ketika musim hujan seperti ini sungai lebang tersebut cepat naik bahkan airnya sangat deras serta sangat berbahaya bagi mereka", terang Dimanto.


Kades Bengkuang juga menambahkan bahwa di Desa yang dia pegang ada 4 dusun termasuk Dusun Belungkak.


"Dusun Belungkak juga masuk di Desa Bengkuang, jembatan gantung tersebut dibangun sekitar tahun 2013 dengan panjang kurang lebih 50 meter dan lebar 1 meter. Beberapa minggu yang lalu memang sudah diperbaiki oleh masyarakat setempat secara gotong royong dengan bahan seadanya,ya kita tau ketika banjir airnya sangat deras paling-paling jembatan yang diperbaiki secara manual tersebut hanya mampu bertahan sesaat", tambahnya panjang lebar.


Sementara itu, Camat Kelam Permai, Kusmara Amijaya saat dihubungi awak media transkpuas.com melalui WhatsApp mengatakan dirinya mendapat informasi dari warga masyarakat dan menyarankan untuk menghubungi pihak DPRD dapil Kelam Permai serta akan segera membuat laporan ke Dinas PU.


"1. Saya awal bulan dapat informasi ini dari warga, saya sarankan sampaikan ke anggota DPRD Dapil Kelam Permai

2. Kami akan buat laporan ke Dinas PU," tulis Camat Kelam Permai.


Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp Ketua DPRD Kabupaten Sintang terkait dengan adanya jembatan gantung yang rusak dan terputus tersebut Florensius Roni mengatakan akan segera menghubungi pihak BPBD Kabupaten Sintang.


"Ok segera aku sampai kan dgn BPBD", tulisnya singkat.


Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, jalan raya atau pun rel kereta api. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.



Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update