Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Lensa Budaya Pelosok Negeri Tahun 2023

Selasa, 25 April 2023 | 14.17.00 WIB Last Updated 2023-04-25T07:24:36Z

 



Sekadau, transkapuas.com - Baksos Budaya Pelosok Negeri di Rumah Panyai Sungai Antu, pada tanggal 21 s/d 23 April 2023


Bentuk kegiatan:

a. membersihkan lingkungan dan melakukan dokumentasi rumah panyai

b. Belajar dari rumah panyai sungai antu (mendengarkan cerita tentang rumah panyai, pertunjukan budaya oleh masyarakat suku mualang di sungai antu, pemutar film dokumenter) 


Tujuan kegiatan: belajar tentang budaya dari rumah panyai sungai antu, mengenalkan budaya yang ada di rumah panyai sungai antu kepada generasi muda, dan kegiatan ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Sekadau


Sasaran kegiatan:

Ikatan Pemuda Dayak Mualang (IPDM), Komunitas Tawak Borneo, Pelajar/Mahasiwa dan Masyarakat umum


Harapan: melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda  peduli terhadap budaya yang ada di Kabupaten Sekadau, dan perlu dibuat kebijakan oleh pemerintah daerah untuk melindungi rumah panyai sungai antu, serta dukungan dari berbagai pihak untuk mempertahankan serta melestarikan budaya di rumah panyai sungai antu. Kondisi rumah panyai di beberapa bilik sudah mulai rusak termakan usia, perlu gerakan nyata untuk perbaikan/renovasi. Kami berharap pemerintah daerah dapat membuat kebijakan untuk mengucurkan dana perbaikan bangunan di rumah panyai sungai antu (renovasi juga harus melibatkan ahli waris rumah panyai untuk diskusi). 


Kegiatan ini merupakan inisiatif dari bujang stefanus sandy dan dara Priska Erlanda gawai Dayak Tahun 2022, serta melibatkan Ikatan Pemuda Dayak Mualang, dan Komunitas Tawak Borneo


Akhirnya kata, kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari Bupati Sekadau, Wakil Bupati Sekadau, Anggota DPRD Kab. Sekadau, Ketua DAD Kab. Sekadau, Camat Belitang Hulu, Ketua TP PKK Belitang Hulu, Ketua DAD Kec. Belitang Hulu, Pemerintah Desa Sungai Antu, Ahli Waris Rumah Panyai Sungai Antu, Masyarakat Suku Mualang di Sungai Antu, Pa4a Senior IPDM dan seluruh simpatisan yang terlibat serta mendukung kegiatan, sehingga dapat terlaksana dengan baik. 


Sumber: Vero Aprolonius

Penggiat Budaya Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI/Ketua Komunitas Tawak Borneo

×
Berita Terbaru Update