Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

Wisata Alam Batu Joto Makan Korban, Ini Kronologi Dan Korbannya

Selasa, 25 April 2023 | 21.15.00 WIB Last Updated 2023-04-25T15:00:10Z

 


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Pada hari Selasa tanggal 25 April 2023 sekitar pukul WIB 18.00 Telah dilakukan pencarian terkait Korban wisata Batu Joto yang hanyut terbawa banjir Bandang, bertempat di wisata batu Joto,Dusun Pantok,Desa Pantok Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau.


INDENTITAS KORBAN :

Nama   : DANIEL EGA

TTL :  Jambi,24 Januari 1991

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat  : JL Pemda Komp Yolzida Pesona 5 No 6 RT 006 RW 006 Desa Parit Mayor Kecamatan Pontianak Timur

Agama : Kristen

Status  : Belum Kawin

Pekerjaan : Photografer


IDENTITAS SAKSI :

1. Nama : FRANS SUGIANTO (Teman Korban) 

TTL.    : Pontianak 12 Januari 1978

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : JL Sungai Raya Dalam, komp. Gading Victoria No.8B RT 06 Rw 011 Desa Bangka Belitung Barat, Kecamatan Pontianak Tenggara

Agama : Kristen

Status : Kawin

Pekerjaan : Wiraswasta


2. Nama : Edi Fauzan (Teman Korban)

TTL.    :  padang Tikar, 04 Desember 2002

Jenis Kelamin : Laki Laki

Alamat : JL Sekayam Raya No 8 Perum 4 RT 001 RW 009 Saigon Kecamatan Pontianak Timur

Agama : Kristen 

Status : Belum Kawin

Pekerjaan : Pelajar/Mahasiswa


KRONOLOGIS KEJADIAN 

Pada hari Senin Tanggal 24 April 2023 Pukul 08.00 Wib Rombongan dari Pontianak berjumlah 30 Orang menggunakan kendaraan R4 (5 unit) menuju kecamatan Sui Ayak untuk berlibur keesokan hari nya sekita pukul 10.00 Wib Rombongan tersebut menuju tempat rekreasi Batu Joto, pukul 13.00 wib rombongan sampai di Tempat Rekreasi Batu Joto.


Pada Pukul 13.30 Wib pihak panitia keamanan Batu Joto dan Anggota Pam Dari Polsek Nanga Taman memberi himbauan kepada masyarakat yang berkunjung di wisata Batu Joto terutama pengunjung yang sedang mandi agar naik ke tepi dan mencari tempat yang lebih aman dikarenakan dan dimungkinkan adanya banjir bandang dari Hulu Sungai Batu Joto karena cuaca sedang hujan, pukul 15.30 Wib tempat wisata Batu Joto mengalami banjir bandang.


Salah satu Rombongan tersebut bernama A.N Sdr. Daniel Ega (32 THN)  berada di tepi riam Batu Joto pada saat banjir bandang datang,kemudian Sdr. Daniel Ega Tersebut melompat untuk mencari tempat yang aman di pinggiran sungai, pada saat melompat Sdr Daniel Ega tidak sampai ke tepian yang lebih aman. Kemudian Sdr. Daniel Ega hanyut terbawa banjir bandang tersebut.


Mengetahui kejadian tersebut kemudian anggota Pam wisata Batu Joto melaporkan kejadian tersebut kepada kapolsek Nanga Taman, Ipda Insa Malau S.H, kemudian Pukul 18.30 di pimpin oleh kapolsek Nanga taman beserta Tim Panitia Wisata Batu Joto melakukan pencairan terhadap korban, tidak lama berselang pada pukul 18.50 Wib Tim panitia wisata Batu Joto yang melakukan pencarian menemukan korban di hilir Batu Joto sekitar 700 Meter dari TKP awal korban tersebut dalam keadaan tidak bernyawa (Meninggal).


Setelah menemukan korban tersebut kemudian anggota polsek nanga taman beserta panitia Wisata Batu Joto melakukan evakuasi terhadap korban di Puskesmas kecamatan Nanga Taman untuk di tangani lebih lanjut.


TINDAKAN YANG TELAH DILAKUKAN :

1. Mendatangi TKP

2. Mencatat Identitas korban dan saksi

3. Mengumpulkan Barang Bukti

4.Melakukan pencarian terhadap korban

5. Melaporkan kepada Pimpinan


RENCANA TINDAK LANJUT :

- Korban akan dipulangkan ketempat asalnya Provinsi Jambi

- Meminta keterangan Saksi-saksi 


CATATAN :

-Korban tersebut merupakan seorang perantau dari Provinsi Jambi dan baru 2 Tahun merantau di Kota Pontianak untuk bekerja sebagai Photografer.



ANALISA :


- Bahwa korban tersebut hanyut terbawa oleh banjir bandang dan tidak dapat terselamatkan.


PREDIKSI :


-Diperkirakan kurangnya waspada dan tidak mendengarkan himbauan dari panitia kemananan wisata Batu Joto untuk menepi kesamping dan mencari tempat lebih aman dikarenakan adanya banjir bandang tersebut.


REKOMENDASI :

- Agar pers polsek/Unit reskrim melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut.

-Agar Unit Binmas/Bhabinkamtibmas setempat menghimbau kepada masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. 


Pencarian dibantu TimSAR Nanga Taman dan berhasil menemukan mayatnya, tim sukarela dan sigap membantu tim dari polsek, dan ramil, dan tim  pengaman Batu Joto.


Demikian yang dapat kami laporkan.


Sumber: Kecamatan Nanga Taman

×
Berita Terbaru Update