Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Kades Ensalang: Anggota Kelompok Tani Menyambut Baik Pembagian Bibit Sawit Dari Pemkab Sekadau

Rabu, 08 Maret 2023 | 21.02.00 WIB Last Updated 2023-03-09T08:21:39Z

Foto: Fransiskus Amat Tuliang, Kades Ensalang


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Bibit bantuan dari pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang dibagikan secara gratis kepada sejumlah kelompok tani sebagai tahap awal, hampir 100 persen sudah ditanam.

Hal ini menunjukkan betapa antusias masyarakat terhadap bantuan tersebut.

Di desa Ensalang contohnya, dari 12 orang anggota kelompok tani yang mendapat bantuan tahap awal, semuanya sudah ditanam.

"Di desa Ensalang semuanya sudah di tanam, para anggota kelompok tani menyambut baik pembagian bibit Sawit tersebut," kata Fransiskus Amat Tuliang kepala desa Ensalang, Senin (08/03/2023) di Sekadau.

Menurut dia, bahwa bantuan dalam bentuk bibit seperti sangat membantu masyarakat, sebab hampir 90 persen warga Desa Ensalang adalah petani, jadi bantuan seperti ini bisa memicu gairah petani untuk bercocok tanam.

"Bantuan dalam bentuk bibit seperti ini bisa memicu minat petani untuk bercocok tanam, dari pada diberikan dalam bentuk lain," katanya.

Ia menyarankan agar pemerintah daerah kabupaten Sekadau bisa memberikan bantuan seperti ini secara berkelanjutan, sebab masih banyak para kelompok tani yang menunggu giliran untuk mendapatkan bantuan serupa. Bahkan ada yang sudah mempersiapkan lahan untuk tanam Sawit.

Tapi lanjut dia, kebanyakan petani sebelum ditanam kelapa Sawit, lahan mereka biasanya ditanami padi terlebih dahulu," ucapnya.

Mewakili masyarakat desa Ensalang dirinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau atas perhatiannya terhadap para petani di desa Ensalang. (Tim/tr) 

×
Berita Terbaru Update