Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Hadiri Sosialisasi Karhutla, Ini Pesan JRT

Rabu, 08 Maret 2023 | 16.07.00 WIB Last Updated 2023-03-16T09:09:46Z
Foto: Jefray Raja Tugam


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM - Jefray Raja Tugam atau yang kerap di sapa JRT salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) yang juga ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Sekadau saat menghadiri kegiatan sosialisasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla), Rabu (08/03/2023).


Jefray mengatakan, bahwa dirinya menyambut baik kegiatan ini, karena hal ini berguna untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran. 


Apalagi saat masyarakat akan membakar lahan untuk berladang, sosialisasi ini sangat penting.


"Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Polres Sekadau yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," kata Jefray.


Ia berpendapat bahwa dalam pencegahan Karhutla keterlibatan kepala desa dan aparat desa sangat penting karena mereka yang setiap hari bertemu dengan masyarakat. Dan mereka akan melanjutkan sosialisasi ini di desa mereka masing-masing.


"Sebagai ketua DAD, Jefray mengimbau kepada masyarakat dayak khususnya yang berada dikampung, untuk selalu berhati-hati dalam membuka lahan," ingatnya.


Perhatikan lanjut dia, peraturan yang ada, seperti Pergub Kalbar dan Perda kabupaten Sekadau tentang tata cara pembukaan lahan untuk berladang.


"Semua itu sudah ada ketentuannya" imbuhnya.


Pada kesempatan itu ia mengimbau bagi segala pemangku kepentingan yang berada di desa maupun aparat yang bertugas sebagai Babinsa dan Babinkamtibmas untuk melakukan tindakan cepat jika ada kejadian kebakaran.


Jalin komunikasi dengan kepala desa dan aparat desa, apalagi kata dia, lagi jika ada masyarakat yang melapor ketika hendak membakar lahan.


"Bagi masyarakat yang belum tau harus di beri tau, dan jika terjadi kebakaran dilahan hendaknya saling bekerjasama,untuk memadamkan api," pesannya (Sy)

×
Berita Terbaru Update