Notification

×

Pabrik PT. ISS Mempawah Hulu, Lagi-lagi Dipagar Warga

Senin, 05 Desember 2022 | Desember 05, 2022 WIB Last Updated 2022-12-05T01:58:12Z


Mempawah Hulu, transkapuas.com - Miris memang, belum lama berselang , setelah  aksi damai yang dilakukan oleh warga  terkait dugaan limbah  rembesan timbunan jalan  akses pabrik ,  yang mencemari    sumber   air  bor milik warga ,  baru tahap penyelesaian dan tindak lanjut. 


Minggu tanggal 05 Desember 2022  terjadi lagi  aksi warga dan asosiasi pengusaha lokal yang  ternaung di bawah koperasi  yang berdiri di Mempawah Hulu  yang selama ini menjadi mitra  kelengkapan  leanding berdiri nya pabrik PT Indah Sawit Subur ( ISS )  merasa kecewa karena  dalam  hal pemenuhan  syarat  untuk uji coba kesuksesan  bukti pabrik sudah exsis  beroperasi , ( comisioning )  yang di sinyalir  minimal 25 truk TBS ( Sekitar 200 ton). 


Agenda pembuktian yang di rencanakan besok  , Senin tanggal 06 Desember 2022 , ahhirnya terancam tertunda ( gagal ) karena ada  penolakan warga sekitar  Mempawah Hulu. 


Menurut seorang narasumber terpercaya , yang tidak mau di sebut namanya , mengatakan , bahwa penolakan itu buka  tak ada dasar ,  selama ini PT ISS Memberi harapan kepada masyarakat yang tergabung dalam beberapa koperasi , tidak di beri wewenang untuk suplay di pabrik yang ada di tempat nya. 


Bahkan sudah beredar DO  Penjualan buah TBS Sawit  atas nama koperasi yang  beralamat di Ngabang, Darit. 


"Ya kita memagar akses pabrik ini memakai adat ritual pamabakng, tujuan nya agar ada  penjelasan dari fihak management PT ISS, " Kata narasumber mempertegas.


Di minta tanggapannya melalui hubungan telpon , kades Garu, Yordanus .Amd mengatakan, belum bisa menyimpulkan apa topik dan unek-unek warga nya. 


"Kita belum mendapat penyampaian resmi, besok akan kita cari tau hal yang sebenarnya,  kalau info pemagaran , kita sudah dengar dari info mulut ke mulut,' tegas kades  Garu. 


Dikonfirmasi ke Kapolsek Mempawah Hulu, , Ipda EDY .D mengatakan sudah  tau dari penyampaian warga.


"Hanya saja  penyampaian resmi belum ada, kita tunggu info selanjutnya, hanya kita  berpesan , agar  warga  jangan anarkis, kita harus dukung investasi yang ada ,semoga ada solusi, sampai ada pemberitahuan selanjutnya," tegas Edy.


Ketika dikonfirmasi kepada manejer  projek PT ISS , Pada pukul  01.46, hand pone  beliau tidak aktif.


Semoga ada solusi dan penyelesaian. ( Dominikus tolek / team )

×
Berita Terbaru Update