Notification

×

Bupati Kapuas Hulu Lantik 74 Kades Terpilih

Kamis, 06 Oktober 2022 | Oktober 06, 2022 WIB Last Updated 2022-10-06T01:28:18Z


Kapuas Hulu, transkapuas.com - Sebanyak 74 Kepala Desa terpilih periode 2022-2028 yang mengikuti Pilkades beberapa bulan yang lalu secara resmi dilantik oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan di aula DPRD Kapuas Hulu, Rabu (05/10/2022). 


Dalam sambutanya Bupati Kapuas Hulu menekankan kepala desa di daerah tersebut harus transparan mengelola Dana Desa supaya pemanfaatannya bisa optimal untuk meningkatkan pembangunan desa. 


"Pemerintah menggelontorkan Dana Desa untuk membantu pembangunan dan pengembangan desa. Oleh karena itu, kepala desa jangan tergiur menyalahgunakan dana transfer tersebut," katanya. 


Ia menilai dana transfer pemerintah pusat melalui APBN diperuntukkan sebagai Dana desa harus dikelola secara profesional, transparan, dan akuntabel, dalam artian penggunaannya harus dipertanggungjawabkan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. 


"Meskipun kepala desa memiliki kewenangan penuh dalam pengelolaan Dana Desa, katanya, bukan berarti dana tersebut secara sengaja digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai peruntukan, " jelasnya. 


Selain itu juga Bupati mengatakan, bahwa kepala desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Oleh karena itu Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat. 


"Karena itu pula, peran dari Kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, " jelas Bupati.


Tak hanya itu Bupati juga mengingatkan kepada Kades terpilih ini agar selalu berinovasi dan memberdayakan perangkat desa yang ada. 


"Jika ada apa-apa di desa, Kades cepat konsultasi dengan Camat, " pungkas Bupati.


Pelantikan Kades terpilih tahun 2022 ini turut disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Kuswandi,Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini, Ketua TP PKK Kapuas Hulu Angeline Fremalco, Jajaran Forkopimda dan para Kepala OPD Kapuas Hulu.


Reporter: Juliati.

×
Berita Terbaru Update