Notification

×

November Mendatangkan, Desa Nanga Pemubuh Siap Deklarasi ODF

Jumat, 23 September 2022 | September 23, 2022 WIB Last Updated 2022-10-11T16:27:07Z


Sekadau, transkapuas.com - Desa Nanga Pemubuh menyatakan kesiapan mendeklarasi bebas ODF. Berdasarkan data dari kecamatan desa Nanga Pemubuh salah aatu dari sejumlah desa yang masih bab sembarangan.



Rencana deklarasi ODF diungkapkan Penjabat Keoala Desa Nanga Pemubuh Isa Kennedy Jum'at(23/9/2022). Persiapan untuk deklarasi benas buang air sembarangan berjalan diawali dengan pendataan kepala keluarga yang belum memiliki WC di 4 ( empat ) dusun dengan melibatkan pihak terkait diantaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh adat, tokoh masyarakat.



"Saat ini terdata 19 kepala keluarga belum memiliki WC tercatat 7 di dusun Emperarak, dusun Pemubuh 1, dusun Ulisangka 8, serta dusun Sepanjang 3." ungkap Isa Kennedy.



Pemerintah desa dikatakan Pj. Kades memastikan kepala keluarga yang belum memiliki WC sebelum November akan diupayakan solusi supaya tidak jadi penghalang dalam upaya mewujudkan desa bebas buang air besar sembarangan.



"Hal ini sudah kita sampaikan ke kecamatan sebavai langkah koordinasi, walau sepenuhnya ini berada diranah desa" 



Walau dengan kondisi seperti ini, jelasnya, jelang November permasalahan ini bisa teratasi, karena Nanga Pemubuh  sudah masuk rencana kecamatan untuk deklarasi ODF.  (Sy) 

×
Berita Terbaru Update