Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com
Transkapuas.com

Pemkab Sintang Sudah Bentuk 11 LP3K Kecamatan



Sintang, tanskapuas.com, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah mengunjungi Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Sabtu,(16/7/2022). 

Pada kunjungan kerja tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyaksikan pelantikan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik (LP3K) Kecamatan Kayan Hulu oleh Camat Kayan Hulu Yudius dan diberkati oleh RD Stefanus Suwandi di Gedung Serbaguna Kecamatan Kayan Hulu.

Yosepha Hasnah Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan LP3K itu lembaga sosial dan mulia.

"Gaji tidak ada. Malah pengurus harus berkorban waktu dan tenaga. Tetapi upahnya nanti di surga. Soal anggaran LP3K kecamatan, koordinasi dengan Camat. LP3K bisa mendapatkan anggaran di APBD tetapi prosedur pengajuan anggaran harus sesuai aturan" terang Yosepha Hasnah. 

Yosepha Hasnah menjelaskan bahwa Pemkab Sintang sudah membentuk 11 Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik tingkat kecamatan. 

"Di Kabupaten Sintang kan ada 14 Kecamatan. 11 Kecamatan sudah terbentuk pengurus LP3K. LP3K Kecamatan Kayan Hulu merupakan LP3K ke 11 yang sudah terbentuk. Masih ada sisa 3 Kecamatan lagi yang belum terbentuk yakni Kecamatan Sepauk, Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah. Mudah-mudahan 3 Kecamatan tersebut, camatnya bisa segera membentuk pengurus LP3K" terang Yosepha Hasnah. 

Camat Kayan Hulu melalui Surat Keputusan Nomor 002.A Tahun 2021 tentang Pembentukan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Tingkat Kecamatan Kayan Hulu Periode 2021-2025 dengan Ketua Umum adalah Arifin,  Marselus Cono sebagai Sekretaris dan Abidin sebagai Bendahara.

Yudius Camat Kayan Hulu menyampaikan pembentukan LP3K di Kecamatan berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia.

"Saya minta pengurus LP3K Kecamatan Kayan Hulu serius dan bekerja keras agar lembaga ini hidup dan mampu menghasilkan yang baik. Pahami tugas dan fungsi dengan baik. Jangan tergantung Ketua saja. Tapi semua aktif" terang Yudius. 

"Kami mendukung Pesparani, Pesparawi dan MTQ. Semakin banyak organisasi keagamaan,  maka kami akan terbantu dalam pembinaan umat beragama di Kecamatan Kayan Hulu dan semakin rukun. Kita saling berkoordinasi dan bekerjasama" tambah Yudius. 

Ketua LP3K Kabupaten Sintang Agustinus Hata menyampaikan apresiasi atas terbentuknya pengurus LP3K Kecamatan Kayan Hulu.

"Surat permintaan kepada Camat untuk membentuk pengurus LP3K Kecamatan sudah lama. Tahun lalu sudah kami kirim. Pembentukan lembaga ini sah dan ada dasar hukumnya. Sama dengan LPTQ dan LPPD. Ini agenda pemerintah" terang Agustinus Hata. 

"Kegiatan LP3K bukan mengambil tugasnya para rohaniwan. Tetapi justru saling bekerjasama. Saya minta pengurus saling berkoordinasi dengan pihak gereja. Saya berharap LP3K Kecamatan Kayan Hulu bisa aktif. Jangan sampai setelah dilantik, lalu mati suri. Pesparani sudah masuk agenda nasional. Organisasi LP3K sudah ada di tingkat nasional sampai ke Kecamatan" terang Agustinus Hata. 

RD Stefanus Suwandi Pastor Rekan di Paroki Salib Suci Nanga Tebidah menyampaikan rasa syukurnya atas terbentuknya LP3K Kecamatan Kayan Hulu. 

"Ini ajang sinergisitas antara gereja dan pemerintah. Saya berharap ini jembatan pembangunan iman dan umat. Jika ingin hasil yang baik. Maka semua bisa ambil bagian untuk menyiapkan Pesparani. Kita semua umat beragama juga hendaknya saling mendukung dalam kegiatan pembinaan umat" terang RD Stefanus Suwandi. 

Arifin Ketua LP3K Kecamatan Kayan Hulu menyampaikan lembaga ini baru bagi kami sehingga memerlukan bimbingan dari LP3K Kabupaten Sintang. 

"Sehingga lembaga ini nanti bisa bekerja dengan baik dalam membangun umat. Saya minta seluruh pengurus untuk kompak dan bersatu dalam menjalankan lembaga ini" terang Arifin.

Info: Pemda Sintang.

Reporter:K.Robenson.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama