Buka Musrembang RKPD Tahun 2023, Ini Kata Bupati Sekadau

Foto: Aron, SH bupati kabupaten Sekadau menyampaikan pidato

Sekadau, seputarkapuas.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau menggelar Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (PKPD) Tahun 2023 di ruang Serbaguna Lantai dua kantor Bupati Sekadau, Kamis (17-3-2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Junaedi, MM, Bupati Sekadau, Aron, SH, Anggota DPRD Kalimantan Barat dapil Sanggau-Sekadau, Anggota DPRD kabupaten Sekadau, Yohanes Ayup, Sekda Kabupaten Sekadau, Para Asisten, Staf Ahli , Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Camat se Kabupaten Sekadau, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD di kabupaten Sekadau, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Ketua GOW dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Sekadau, Perwakilan Unsur Perempuan dan Anak Serta Unsur Akademisi, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda serta para tamu lainnya.

Musrembang RKPD Kabupanen Sekadau merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebagai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, serta implementasi peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 86 Tahun 2017.

Musrembang ini merupakan penyusunan PKPD Kabupaten Sekadau tahun 2023 merupakan salah satu rangkaian kegiatan setelah dilaksanakannya Musrembang Desa, Musrembang Kecamatan, Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah beberapa waktu lalu.

Gubernur Kalimantan Barat, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Junaedi, MM menyampaikan Penyusunan pembangunan setiap tahunnya merupakan suatu langkah awal guna mencapai target kinerja pembangunan.

“Penyusunan pembangunan setiap tahunnya merupakan sebuah langkah awal bagi setiap level pemerintahan, guna mencapai target kinerja pembangunan yang telah ditetapkan, baik dalam target jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek atau tahunan. Guna untuk mencapai target dimaksud dibutuhkan strategi dan arah kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah dalam merangkul seluruh komponen masyarakat agar turut terlibat dan berpartisipasi dalam proses pembangunan,” ucap Junaedi.

“Melalui Musrembang kali ini, proses penyusunan perencanaan tidak lagi digambarkan hanya bersifat dari atas saja, namun harus juga bersifat partisipatif, dengan memperhatikan aspirasi dan masukan dari masyarakat. Dalam musrembang juga akan disepakati program dan kegiatan prioritas daerah yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah kabupaten Sekadau tahun 2023 nanti. Untuk itu saya berpesan agar penyusunan program dan kegiatan prioritas tersebut agar memperhatikan prioritas kebutuhan daerah dan diharapkan untuk diarahkan mencapai target kinerja pembangunan yang ditetapkan dalam RPJMD kabupaten Sekadau,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Sekadau, Aron, SH menyampaikan Rangkaian kegiatan ini berfungsi untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan Musrembang.

"Rangkaian kegiatan ini berfungsi untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrembang dengan proses Negosiasi, rekonsiliasi serta harmonisasi antara pemerintah dan para pemangku kepentingan," ucap Aron.

"RKPD yang kita susun saat ini mempedomani prioritas nasional, rencana kerja pemerintah tahun 2023, prioritas RKPD Provinsi Kalimantan Barat tahun 2023, RPJD kabupaten Sekadau tahun 2025, RPJMD kabupaten Sekadau tahun2021-2026. Dari isu strategis dan permasalahan serta memperhatikan situasi dan kondisi daerah saat ini, maka disepakati beberapa prioritas pembangunan pada tahun 2023 yaitu sebagai berikut:

1. Penguatan Infrastruktur dasar sebagai penunjang konektivitas, peningkatan erekonomian daerah, serta mitigasi bencana.

2. Meningkatkan Indeks desa membangun di kabupaten Sekadau.

3. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan akses, mutu pendidikan serta pelayanan kesehatan.

4. Peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan di kabupaten Sekadau.

5. Optimalisasi sub sektor perkebunan, pertanian dan perikanan serta peradangan di kabupaten Sekadau, terang Bupati Sekadau dalam pidatonya.

Dalam kesempatan tersebut Aron juga menyampaikan beberapa capaian dan keberhasilan pembangunan kabupaten Sekadau sampai dengan tahun 2021.

"Beberapa capaian dan keberhasilan pembangunan kabupaten Sekadau sampai dengan tahun 2021 lalu diantaranya yaitu:

1. Pemerintah kabupaten Sekadau mampu menjaga momentum laju pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sekadau hingga pada tahun 2021 mengalami kenaikan yaitu sebesar 4,32% dari tahun 2020 sebelumnya yaitu 0,98%.

2. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Sekadau Tahun 2021 mencapai 64,93 meningkat 0,17 poin dibandingkan capaian tahun 2020 yaitu 64,76.

3. Jumlah desa mandiri kabupaten Sekadau sampai tahun 2022 berjumlah 16 desa dari total 87desa dan pada tahun 2023 ditargetkan akan ada 24 desa mandiri.

4.Nilai kebutuhan standart pelayanan publik sebesar 90,79 dengan predikat kepatuhan tinggi masuk zona hijau, mengalami kenaikan sebesar 5,69 dibanding tahun 2019.

5. Persentase MCP Kopsurgah KPK pada posisi 76,29% dan telah melampaui target yaitu sebesar 75%.

6. Tahun 2021 pemerintah kabupaten Sekadau mendapat Peringkat Tiga komitmen pengawasan dan pengendalian kategori pemerintah kabupaten tipe C dari Badan Kepegawaian Nasional. 

7. Penyampaian laporan ADD kabupaten Sekadau peringkat 2 se Kalimantan Barat," tutur Aron.

Aron juga menyampaikan beberapa hal terkait program dan kegiatan prioritas kabupaten Sekadau yang sangat perlu mendapat dukungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

"Beberapa program dan kegiatan prioritas kabupaten Sekadau yang sangat perlu mendapat dukungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat pada tahun 2023, yaitu:

1. Pembangunan Rumah Adat Melayu.

2. Pembangunan Christian Center.

3. Lanjutan peningkatan ruas jalan Sekadau-Rawak dan jalan Nanga Taman- Nanga Mahap.

4. Pembangunan Jembatan Gantung desa Mungguk-Desa Tanjung kecamatan Sekadau Hilir.

5. Pembangunan SMA/SMK unggulan.

6 Pembangunan Listrik Tenaga Surya desa untuk desa terisolir," ucap bupati Sekadau.

Usai menyampaikan pidatonya, bupati Sekadau membuka secara resmi kegiatan Musrembang RKPD kabupaten Sekadau tahun 2023. (Sy) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama