Dari Berkebun Sawi, Kelompok Tani Genta Mustika Meraup Omset 1,8 Miliyar



SINTANG, transkapuas.com - Kelompok Tani Genta Mustika Pandan,Desa Merarai Satu Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang Kalimantan Barat salah satu penyuplai kebutuhan sayur di pasar Sintang,terutama Sawi, disamping itu ada juga tanaman lain seperti jagung, cabe dan bahan pangan lainnya. 

Dari hasil penjualan kebutuhan sayur tersebut Kelompok Tani Genta mustika Pandan mampu meraup omzet 1, 8 milyar/tahun dengan hasil penjualan mencapai 200 ton  pertahun. Artinya kalau dibagi 12 bulan maka sayur yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Merarai Satu mencapai 16,6 ton per bulan. Penjualan ini juga bukan hanya di pasar kota Sintang, tetapi sampai keluar kabupaten Sintang seperti kabupaten Kapuas Hulu dan kabupaten Melawi.

Bentuk rasa syukur atas keberhasilan tersebut,Kelompok Tani Genta Mustika Pandan yang baru berdiri sudah setahun ini yaitu  mulai dibentuk  pada tanggal 29 Januari 2021 merayakan syukuran hari jadi yang ke-1, dengan konsep tema  "Tujuan bertani bukan hanya sekedar menumbuhkan tanaman Tetapi untuk menjaga kehidupan".Kamis,(3/2/2022).

Kelompok Tani Genta Mustika Pandan memiliki anggota 27 orang dengan mengembangkan pertanian ramah lingkungan dalam  memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing anggota kelompok tani dan lahan yang ada disekitar untuk dijadikan lahan untuk menanam sayur mayur, terutama tanaman sawi.

Jamin sebagai ketua kelompok tani mengatakan masih banyak kendala yang dihadapi para petani yaitu tentang ketersediaan pupuk subsidi yang dirasa sangat sulit didapatkan bahkan tidak ada dipasaran dan berharap pemerintah bisa mengatasi permasalahan kelangkaan pupuk subsidi ini, tutur Jamin.

Jamin juga berharap ada bimbingan dan pelatihan dari pemerintah untuk pembuatan pupuk organik agar para petani lebih mudah untuk mengelola pertanian dan juga lebih hemat biaya, sehingga hasilnya lebih baik, ucap Jamin.

Dalam acara Syukuran setahun kelompok tani Genta Mustika Pandan, kecamatan Sungai Tebelian kabupaten Sintang ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. Elisa Gultom, M. Si, Kepala Bappeda Kartiyus, SH, M. Si, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Dra. Veronika Ancili, M. Si, Anggota DPRD Sintang Anton Isdianto, Perwakilan Pemerintah Kecamatan Sungai Tebelian, Anggota Forkopimcam,  para penyuluh dan masyarakat Desa Merarai Satu. 


Penulis. : Tinus Victoria

Reporter;K.Robenson.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama