Notification

×

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Polres Sekadau Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Nataru

Selasa, 21 Desember 2021 | 10.32.00 WIB Last Updated 2021-12-21T03:32:27Z


SEKADAU, TRANSKAPUAS.COM – Polres Sekadau Menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, selasa(21/12/21). 

Hadir dalam rakor tersebut, wakil bupati sekadau Subandrio, Kapolres Sekadau AKBP Kayuswan Tri Panungko S.I.K MM. Pejabat Koramil Sekadau Hilir,Kepala Dinas Perhubungan, kepala Satpol PP Sekadau, Kejari Sekadau, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Sejumlah personel dari Polres Sekadau dan Koramil Sekadau akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan malam misa natal, serta dibantu Pol PP, Dinas Perhubungan, BPBD.

Kabag Ops Polres Sekadau AKP Oloan Sihombing, dalam paparanya terkait rencana pelaksanaan pengamanan malam natal ini, akan di fokuskan pada sejumlah tempat yang di anggap rawan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan baik berupa kejahatan maupun kecelakaan

"Mengingat menjelang perayaan Natal sudah barang tentu aktivitas jual beli di pasar serta di toko-toko pakaian akan terjadi peningkatan pengunjung, serta lalu - lintas penyebrangan," jelas Kabag Ops. 

Ia juga menyebut menjelang perayaan Natal mobilitas masyarakat akan meningkat di sejumlah penyebrangan yaitu penyebrangan sunyat Sui Ayak, dan penyebrangan Sebrang Kapuas Sekadau Hilir.

"Nah disana nanti kita minta agar disana harus ada pengamanan," pungkasnya. 

Selanjutnya Kapolres Sekadau AKBP Kayuswan Tri Panungko, juga menyebutkan dalam situasi pandemi covid-19 ini upaya - upaya menjaga kesehatan juga sangat perlu,

"Maka dari itu kita akan membuka pos di beberapa tempat yaitu simpang 4 Kayu Lapis dan SPBU Ensalang, akan ada 2 pos yakni pos pengamanan dan pos pelayanan kesehatan," ungkapnya. 

Dalam hal ini kapolres menambahkan sebagai pejabat publik tugasnya adalah melaksanakan tugas pelayanan bagi masyarakat oleh karna itu polres sekadau mengaku siap melaksanakan pengamanan malam Natal dan tahun baru.

"Mengingat, bahwa covid-19 ini belum sepenuhnya hilang bahkan ada ancaman varian baru yaitu Covid-19 varian Omicron, maka dari itu kita akan melaksanakan pengamanan penuh, serta himbauan kita tetap patuhi protokol kesehatan," tutupnya. 

Wakil Bupati (Wabub) Sekadau Subandrio  dalam sambutanya menyebut tahun 2021 ini merupakan tahun ke 2 perayaan keagamaan dimasa covid-19. 

Oleh karnanya dirinya menyebut pengamanan malam Natal dan tahun baru merupakan suatu keharusan, menurutnya  setiap kegiatan keagamaan sudah pasti memanggil kerumunan

"Sejauh ini kabupaten sekadau masih di kategorikan aman covid-19, kendati demikian kita tidak boleh lengah sebab di indonesia sudah masuk varian Covid-19 varian baru yakni Omicron, ini diketahui delapan kali lebih cepat penyebaranya," ungkapnya. 

Wabub juga berharap ancaman kejahatan  patut di waspadai baik terorisme dan lain sebagainya. Selain itu dirinya meminta setiap puskesmas memerintahkan petugas untuk menyiapkan petugas untuk mengantisipasi ancaman kesehatan.

Penutup dirinya meminta agar pada perayaan Natal dan Tahun baru tidak ada pemadaman listrik. 

"Kalau bisa di perayaan nataru ini jangan sampai ada pemadaman, terkecuali aliranya terputus atau cuaca," pungkasnya. (Surya) 

×
Berita Terbaru Update