Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Ciptakan Pilkada Damai, Ini Kata Kapolres Sekadau Saat Coffee Morning Bersama Awal Media

Sabtu, 08 Juni 2024 | 21.37.00 WIB Last Updated 2024-06-08T14:37:45Z


SEKADAU, transkapuas.com - Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, menghadiri dan menjadi narasumber dalam kegiatan Coffee Morning bersama Awak Media Kabupaten Sekadau menjelang Pilkada 2024.


Acara ini berlangsung di Lupung Coffee Sekadau pada Sabtu (8/6/2024). Kegiatan ini diinisiasi oleh Ikatan Wartawan Kabupaten Sekadau (IWAS), yang menggandeng seluruh wartawan dari organisasi IWAS, PWI, dan IWO Sekadau.


Selain Kapolres, acara ini juga dihadiri oleh narasumber lainnya yaitu Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, dan Ketua Bawaslu Sekadau, Marikun. Kegiatan ini bertujuan untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Sekadau.


Dalam paparannya, Kapolres AKBP Nyoman Sudama menyampaikan bahwa masalah keamanan tidak terlepas dari Pemilukada dan Pemilu sebelumnya yang meninggalkan residu-residu politik, terutama terkait dengan isu SARA dan politik uang.


"Dalam rangka pengamanan Pilkada 2024, Polres Sekadau akan menggelar Operasi Mantap Praja. Persiapan operasi ini meliputi menjaga situasi Kamtibmas, pendirian posko operasi, pelatihan pra-operasi, serta penyiapan personel di TPS dan sarana prasarana sesuai dengan tingkat kerawanan," jelasnya.


Kapolres juga menyampaikan pentingnya peran media dalam menjaga kondusivitas Pilkada. Keberadaan media diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran hoax dan ujaran kebencian, serta menyampaikan informasi secara akurat dan bertanggung jawab. 


"Media harus memilih pemberitaan yang menyejukkan, independen, dan mempertimbangkan aspek negatif dan positif dari berita yang disampaikan. Mereka harus memilih sumber dan narasumber yang kredibel serta memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap nilai-nilai berita yang disampaikan," tambahnya.


Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan dialog terkait Pilkada 2024, di mana para peserta saling bertukar pandangan dan strategi untuk menjaga kelancaran pesta demokrasi ini. Kegiatan ini diakhiri dengan deklarasi oleh awak media di Kabupaten Sekadau yang berisi komitmen untuk:


_1. Menolak menyebarkan hoax dan ujaran kebencian, serta melakukan verifikasi yang cermat terhadap informasi sebelum disiarkan dengan mengedepankan prinsip etika jurnalistik dan keseimbangan dalam pemberitaan._


_2. Memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab kepada masyarakat tanpa memihak kepada calon tertentu menjelang Pilkada 2024 di Bumi Lawang Kuari._


_3. Menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistik serta mendukung Pilkada yang aman dan damai._


_4. Bersama-sama menjaga kondusivitas dan persatuan bangsa menjelang Pilkada 2024._


Kapolres mengapresiasi kegiatan Coffee Morning dan deklarasi yang dilakukan oleh awak media di Kabupaten Sekadau. Menurutnya, kegiatan ini merupakan wadah yang efektif untuk memperkuat kerjasama antara aparat keamanan dan media, guna mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis.

×
Berita Terbaru Update