Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Hasil Pleno Dapil Sintang 3 Tingkat Kabupaten Sintang

Minggu, 03 Maret 2024 | 19.41.00 WIB Last Updated 2024-03-03T12:41:32Z


Sintang,transkapuas.com - Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Sintang dalam pemilihan umum tahun 2024 Dapil Sintang 3 yaitu Kecamatan Kelam Permai, Dedai dan Kecamatan Sungai Tebelian telah selesai dilaksanakan yang bertempat di Hotel My Home Sintang pada Sabtu ( 2/3/2024).


Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dapat di saksikan melalui YouTube KPU Kabupaten Sintang yang disiarkan secara langsung oleh KPU Kabupaten Sintang.


Dalam perhitungan yang dilakukan tersebut untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat 2 Dapil Sintang 3 suara sah yang masuk sebanyak 55.481suara, sementara suara rusak atau tidak sah sebanyak 2.228 suara dan suara sah dan tidak sah yaitu 57.709 suara.


Berdasarkan perhitungan suara dengan rangking partai tertinggi dan terendah serta jumlah kursi untuk Dapil Sintang 3 sebanyak 8 (delapan) kursi.


Adapun total keseluruhan suara dari setiap Parpol di Dapil Sintang 3 yaitu :

1. PDI-P sebanyak 8.859 suara, dengan suara terbanyak ditempati oleh Sebastian Jaba.

2. Partai PKS sebanyak 6.892 suara dan suara terbanyak yaitu Bobby Eriyanto.

3. Partai Nasdem sebanyak 6.719 suara dan suara terbanyak yaitu Indra Subekti.

4. Partai Gerindra sebanyak 6.660 suara yang ditempati Ediyanto,SH.

5. Partai Golkar sebanyak 5.557 suara dan jumlah suara terbanyak Caleg Toni,S.Sos.

6. Partai Hanura dengan perolehan suara partai sebanyak 5.279 suara dan Caleg yang menempati suara terbanyak yaitu Yulius, S. Sos.

7. Partai Demokrat dengan jumlah 3.894 suara dengan caleg suara terbanyak yaitu Markus Jemari.

8. Partai Amanat Nasional (PAN ) dengan jumlah 3.521 suara dan suara terbanyak di PAN yaitu Anton Isdianto.


Selesai pembacaan perhitungan perolehan suara untuk Dapil Sintang 3 yang terakhir yaitu Kecamatan Kelam Permai, Ketua KPU Kabupaten Sintang Edi Susanto menanyakan ke para saksi Parpol dan Bawaslu apakah ada sanggahan atau ada kesalahan dengan hasil akhir dari pembacaan perhitungan tersebut saksi dan Bawaslu menyatakan seluruhnya sah terkhususnya untuk perhitungan Caleg.


Ketua KPU Kabupaten Sintang Edi Susanto juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan pemilu serentak 2024, sehingga pesta demokrasi ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar.


"Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh elemen masyarakat dan seluruh petugas baik Ketua dan anggota PPK, PPS, KPPS, Pemerintah Kecamatan yaitu Pak Camat berserta staf Kecamatan, Polsek dan Koramil panwas tingkat Desa dan Kecamatan serta tokoh masyarakat", ucap Edi Susanto.


Untuk wilayah Kabupaten Sintang ada 14 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK ) yang akan membacakan hasil perhitungan perolehan suara. 7 (tujuh) PPK yang sudah membacakan hasil perhitungan perolehan suara pemilihan umum tahun 2024 tingkat Kecamatan di hari pertama yaitu ; PPK Sungai Tebelian, PPK Dedai, PPK Binjai Hulu, PPK Tempunak, PPK Kayan Hilir, PPK Sepauk, dan PPK Kelam Permai.


Pelaksanaan rapat pleno hari pertama berjalan tertib dan lancar.


Adapun jumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang :

1. Kecamatan Sungai Tebelian.

2. Kecamatan Dedai.

3. Kecamatan Kelam Permai.

4. Kecamatan Binjai Hulu.

5. Kecamatan Tempunak.

6. Kecamatan Kayan Hilir.

7. Kecamatan Sepauk.

8. Kecamatan Kayan Hulu.

9. Kecamatan Ketungau Hulu.

10. Kecamatan Ketungau Tengah.

11. Kecamatan Ketungau Hilir.

12. Kecamatan Serawai.

13. Kecamatan Ambalau,dan

14. Kecamatan Sintang.



Reporter : K. Robenson.

×
Berita Terbaru Update