Notification

×

Subandrio Buka Kegiatan Hakordia Tahun 2023

Selasa, 05 Desember 2023 | 20.13.00 WIB Last Updated 2023-12-05T13:13:30Z


Sekadau, transjapuas.com - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau,  Subandrio membuka kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023 di ruang Serba Guna Lantai II kantor Bupati Sekadau, Selasa (5/12/23)


Mengusung tema “Sinergi, Berantas Korupsi, untuk Indonesia Maju”, Wakil Bupati berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Inspektorat Kabupaten Sekadau yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut, yang sebagaimana disampaikan oleh Inspektur Kabupaten Sekadau Awan Yudha Setiawan, S.E., M.M. bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antara Instansi Vertikal, Pemerintah Daerah, Sektor Usaha, Sektor Pendidikan, dan Organisasi Masyarakat dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi serta memperluas keterlibatan masyarakat dalam menyebarkan dan mengimplementasikan nilai-nilai anti korupsi.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan bahwa Korupsi bisa terjadi dimana dan oleh siapa saja, untuk itu Pemerintah melalui berbagai aturan dan kebijakan yang ada terus berupaya agar hal tersebut tidak terjadi di dalam penyelenggaraan negara. Salah satu bentuk upaya yang telah dilakukan adalah dengan membuat pengembangan pada tata kelola pemerintahan yang lebih sistematis melalui berbagai aplikasi secara online.


Wakil Bupati juga menyebutkan bahwa Kabupaten Sekadau memiliki tata kelola pemerintahan yang semakin baik setiap tahunnya. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK yakni aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan, yang mana Kabupaten Sekadau pada Tahun 2021 berada di tingkat 48 persen, namun di Tahun 2022 naik menjadi 78 persen, dan di Tahun 2023 sudah berada di angka 80 persen.


“Ini artinya kita sebagai perangkat di daerah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang ada”, ucap Wabup.


Wabup juga meminta kepada Inspektur Kabupaten Sekadau agar setiap tahunnya para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau diberikan sosialisasi tentang anti korupsi. Hal tersebut menurut Wabup sangat penting dilakukan demi memperkuat capaian sistem tata kelola pemerintahan yang lebih baik sehingga pembangunan di Kabupaten Sekadau dapat bersaing dengan Kabupaten-Kabupaten lainnya.


“Saya meminta kepada kita semua, melalui peringatan Hari anti Korupsi Sedunia ini agar kita merubah cara pikir dan cara pandang kita untuk mengelola pemerintahan kita yang lebih bersih, transparan dan berwibawa” tambah Wabup.


Kegiatan tersebut juga diisi degan pembacaan puisi oleh Angelica Melinda Siswi SMP Negeri 1 Sekadau Hilir dan Penyerahan Penghargaan atas Percepatan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) BPK RI kepada BKPSDM, Dinas Kesehatan, PP dan KB, Dinas Perkimtan dan Dinas PUPR.


Hadir Wakil Ketua DPRD Sekadau, Kapolres, Kajari, Sekretaris Daerah, Widyaiswara Madya BPSDM Provinsi Kalimantan Barat Dr. Ersa Tri Fitriasari, M.Si selaku narasumber kegiatan, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Organisasi Masyarakat, Pelaku Usaha dan tamu undangan lainnya. (Tim/sy)

×
Berita Terbaru Update