Notification

×

Iklan DPRD Sekadau

Iklan DPRD Sekadau

Pelantikan Pengurus SMSI Kalbar dan Diakusi Panel Literasi Beretika Politik Siap Digelar Besok

Selasa, 24 Oktober 2023 | 16.28.00 WIB Last Updated 2023-10-24T09:28:41Z

 

Foto: Muhammad Khusyairi, Ketua SMSI Provinsi Kalbar

Pontianak, transkapuas.com - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalbar selaku konstituen Dewan Pers, menggelar diskusi panel literasi beretika Rabu (25/10/2023), besok.


Diskusi panel bertajuk Literasi Beretika Menuju Kedewasaan Demokrasi 2024 itu akan menghadirkan para pemateri berkompeten diantaranya Kapolda Kalbar, anggota parlemen pusat dan daerah, KPU dan Bawaslu Provinsi Kalbar.


“Diskusi yang akan dilaksanakan itu bagian dari sumbangsih SMSI sebagai lembaga tempat berkumpulnya pemilik media dan insan jurnalis yang menjadi konstituen dewan pers,” kata Muhammad Khusyairi, Ketua SMSI Provinsi Kalbar, selasa (24/10/2023).


Menurut Khusairi, semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan terselenggaranya momentum demokrasi 2024. Momentum ini pertama kali bagi perjalanan sejarah Indonesia yang proses pemilihannya pada 14 Februari 2024 secara serentak.


Menurut Khusyairi, dipilihnya tema literasi beretika mengingat perkembangan pers di tanah air yang begitu pesat di era digital, yang semakin tanpa batas. Namun dahsyatnya arus informasi, mengharuskan pers untuk berperan optimal dalam Pemilu 2024.


“Pengalaman pada kepemiluan yang lalu, banyak penyebaran informasi yang belum terverifikasi kebenarannya, hoax dan berbagai produk agitasig serta propaganda lainnya yang menyesatkan di platform medsos dan internet lainnya. Pada gilirannya, justeru memecah belah anak bangsa dan mempertajam jurang permusuhan,” ujar Khusyairi.


Untuk itu, kata dia, pers berperan menyajikan data dan peristiwa serta kajian komprehensif. Dengan demikian, pers menjadi agen dalam mengampanyekan literasi beretika sebagai bagian dari perwujudan kedewasaan demokrasi di Pemilu 2024. 


Terkait peserta dalam diskusi literasi itu, pihak panitia mengundang sebanyak 120 peserta terdiri dari para pemangku kebijakan, ormas, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, organisasi pemuda dan kemahasiswaan serta masyarakat umum.


Selain diskusi literasi, juga akan dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan yang pertama di Kalbar pengurus SMSI Provinsi Kalbar dan pengurus SMSI Kabupaten/Kota se-Kalbar. “Kesiapan Panitia hingga saat ini sudah siap melaksanakan kegiatan tersebut, Semoga kegiatan itu dapat berjalan lancar dan memberikan kontribusi positif bagi semua pihak,” timpal Ahmad Madani, Sekretaris SMSI Provinsi Kalbar.(rdo/sy)

×
Berita Terbaru Update