Notification

×

TK

TK

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Meningkatnya Kasus DBD, Wabup Sekadau Minta Kades Proaktif Terhadap Kesehatan Masyarakatnya

Kamis, 26 Oktober 2023 | 19.49.00 WIB Last Updated 2023-10-26T12:53:56Z


Sekadau, transkapuaa.com - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Subandrio menyempatkan diri untuk melihat dari dekat sejumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekadau, Kamis (26/10/2023) siang.


Kepada para wartawan mantan ketua KPU dua periode ini mengatakan, bahwa pasien DBD saat ini di dominasi oleh anak-anak, dan ruangan Unit Gawat Darurat di RSUD Sekadau sudah penuh.


"Pasien DBD saat ini di dominasi oleh anak-anak, bahkan kondisi wabah akibat nyamuk Aedes Aegypti sudah semakin meningkatkan, bahkan ruang UGD rumah sakit sudah penuh bahkan bad tempat tidur sudah hampir habis. Hal ini perlu kita sikapi bersama," kata Subandrio kepada awak media.


Beliau juga berperan kepada masyarakat kabupaten Sekadau harus waspada terhadap penyakit DPD tersebut.


"Kepada masyarakat kabupaten Sekadau yang memiliki anak Balita di rumahnya harus waspada, jika muncul panas tinggi pada anak segera bawa ke rumah sakit," saran Wabup.


Untuk mengatasi hal tersebut wabup minta para kepala desa mesti pro aktif untuk memperhatikan kondisi wabah ini di wilayahnya masing-masing, lakukan koordinasi dengan instansi terkait jika perlu melakukan Pogging, surati instansi terkait dalam hal ini dinas kesehatan ungkap wabup.


"Kepala para kepala desa harus pro aktif untuk memperhatikan kondisi wabah ini di wilayahnya masing-masing, lakukan koordinasi dengan instansi terkait jika perlu melakukan Pogging, surati instansi terkait dalam hal ini dinas kesehatan," ungkap Wabup.


Karena tugas kepala desa sebagai ujung tombak pemerintah harus lebih aktif, ketika ada wabah seperti ini di wilayahnya, karena jika hanya mengharapkan pihak dinas yang terjun langsung ke lapangan tentu tidak bisa serta merta karena terbatasnya tenaga lapangan.


"Jadi tugas seorang kepala desa lah yang lebih aktif, sebab mereka lah yang setiap hari berada ditengah-tengah masyarakatnya dan mereka pasti tahu," katanya.(Tim/dr.sy).

×
Berita Terbaru Update