Notification

×

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Iklan DPRD Sekadau, Hari Buruh

Kadis Dikbud Sintang Akan Surat Seluruh Sekolah

Rabu, 11 Oktober 2023 | 19.40.00 WIB Last Updated 2023-10-12T04:43:34Z

 

foto: krpala dinas Pendidikan

Sintang,transkapuas.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus J turut khawatir dengan meningkatnya kasus deman berdarah dengue di Kabupaten Sintang. Hal tersebut disampaikan Yustinus pada Rabu, (11/10/2023).


Kekhawatiran tersebut diungkapkan Yustinus usai mendengar 68 persen korban DBD adalah anak-anak usia sekolah.


“Sebenarnya kasus DBD ini sudah setiap tahun terjadi. Hanya ada yang kasusnya banyak dan sedikit saja. Kita harusnya memiliki komitmen yang kuat untuk mencegahnya. Karena kita tahu bulan apa DBD ini biasanya meningkat”, terang Yustinus.


“Saya setuju jika DBD ini tidak ditetapkan menjadi KLB. Tetapi kita semua hendaknya melakukan sesuatu yang luar biasa untuk mencegahnya. Kita bisa bergerak bersama, dan menggerakan seluruh masyarakat untuk mencegah DBD ini. Mulai dari RT, kelurahan, desa dan kecamatan bergerak semua”, terang Yustinus.


“Saya yakin kalau kita kompak bergerak. Kasus DBD tidak akan sebanyak ini. Saya melihat kita tidak cepat bergerak dan masyarakat kitapun masih cuek dengan upaya mencegah DBD ini. Misalnya menjaga kebersihan lingkungan rumah, selalu memperhatikan tempat penampungan air dan meminimalisir sarang nyamuk. Dalam kondisi luar biasa ini, jangan hanya hari jumat saja melakukan kegiatan bersih-bersih. Kalau perlu setiap hari”, terang Yustinus.


“Saya prihatin, mayoritas pasien dan korban meninggal adalah kalangan pelajar. Foging di sekolah itu jangan sampai ada kasus dulu. Semua sekolah langsung saja di lakukan foging. Foging ini perlu dilakukan masif. Jangan tunggu surat dari sekolah. Kalau nunggu surat datang, anak-anak sudah meninggal, untuk apa”, terang Yustinus.


“Ndak ada kata terlambat. Mari kita mulai dari kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan sampai RT. Mari kita bergerak untuk membersihkan lingkungan, membagikan abate dan melakukan foging. Saya mengajak seluruh orangtua, agar mengolesi autan sebelum anak-anak berangkat ke sekolah”, ajak Yustinus.


“Kami akan mengirim surat ke sekolah-sekolah agar menyiapkan 20 liter solar untuk membantu pelaksanaan foging ini. Jadi nanti petugas datang membawa alat foging dan racunnya. Sekolah siapkan solarnya. Kita saling mendukunglah untuk mencegah DBD bertambah. Ini untuk keselamatan anak-anak sekolah”, terang Yustinus.


Rilis Kominfo Sintang


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update