Notification

×

Hebat, Desa Nanga Lebang Juara III SGDs Tingkat Nasional 2023

Kamis, 27 Juli 2023 | 19.40.00 WIB Last Updated 2023-07-27T12:40:19Z


Sintang,transkapuas.com - Secara administratif Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari 14 (empat belas) kabupaten/kota yaitu dua belas kabupaten dan dua kota. Empat belas kabupaten/kota ini terbagi dalam 174 kecamatan, 99 Kelurahan dan 2.031 desa.


Desa Nanga Lebang adalah Desa yang berada di wilayah Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Luas wilayah Desa Nanga Lebang 4.547.834 dengan 4 dusun 9 RT dan 3 RW serta jumlah penduduk 1.311 jiwa yaitu laki-laki 672 orang dan perempuan 639 dengan  393 KK pada tahun 2023, berhasil menjadi juara 1(satu tingkat region Kalimantan dan Juara 3 (tiga) tingkat nasional pada lomba SGDs tingkat nasional yang dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di Jakarta.


Saat dihubungi melalui WhatsApp pada Kamis, 27 Juli 2023 pukul,18.00 wib Kepala Desa Nanga Lebang Sabaruddin membenarkan bahwa desanya berhasil memperoleh juara.


"Oh benar meyadik..tingkat Region Kalimantan kita juara 1 atau juara Region Kalimantan, Tingkat Nasional kita juara 3", tulis Kades.


"Juara Region kalimantan..kita sudah mengalahkan Kaltim, Kalteng, Kalsel..Kaltara ", lanjutnya.


Menurut Kades Nanga Lebang ini semua berkat kerjasama berbagai pihak sehingga Desa yang dia pimpin dapat berhasil mendapatkan juara.


"Kami bisa memperoleh ini semua karena kami bekerja secara konsisten,dan taat aturan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan", tambahnya.


"Ini juga berkat kerjasama dan kekompakan tim SGDs, perangkat desa dan BPD Desa Nanga Lebang serta dukungan tim pendamping Desa, PLD, PD,Korcam,TA.PM dan Korkab termasuk Pemerintah Kecamatan, Kabupaten dan Pemerintahan propinsi",jelas Sabaruddin.


Kepala Desa Nanga Lebang juga menjelaskan bahwa banyak sekali hambatan yang dialami oleh Pemerintah Desa Nanga Lebang.


"Kita khususnya di Desa Nanga Lebang banyak hambatan di mana diantaranya tidak adanya jaringan yang mengakibatkan semua aplikasi, sistem online terkendala sehingga kami harus meng-upload aplikasi harus ke kabupaten dengan biaya dan waktu yang cukup besar", jelas Kades panjang lebar.


Sabaruddin mengharapkan ada perhatian dari pihak terkait termasuk dari pemerintah dengan kondisi dan situasi yang ada di daerahnya tersebut.


"Infrastruktur yang belum memadai terutama jalan,kami membutuhkan bantuan kendaraan roda dua 3 unit baik ke kecamatan, Pemerintah Kabupaten maupun ke pemerintah provinsi,demi tugas kami kedepannya", tutup Sabaruddin yang juga sebagai Kepala Desa Nanga Lebang.


Hadir dalam kegiatan tersebut di Kemendes PDTT Jakarta dari Kalimantan Barat diantaranya Wakil Bupati Sintang Melkianus,S.Sos, Kadis PMPD Herkulanus Roni, Camat Kelam Permai Kusmara Amijaya,S.Sos. M.Si, Staf Kadis DPMPD,dan Kepala Desa Nanga Lebang Sabaruddin.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update