Notification

×

GD SKD TK

GD SKD TK

KNPI Bengkayang Ajak OKP Pelihara Kondusifitas dan KAMTIBMAS Jelang Pemilu 2024

Jumat, 24 Maret 2023 | 10.24.00 WIB Last Updated 2023-03-24T03:24:35Z
Foto: Foto: Pembinaan OKP di kabupaten Bengkayang

Bengkayang, transkapuas.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia KNPI kabupaten Bengkayang Mengadakan pertemuan diskusi Organisasi Kepemudaan atau OKP dalam rangka Memelihara Kamtibmas dan Kondusifitas jelang Pemilu 2024.di Bukit Senyum Kelurahan Bumi Emas Kecamatan Bengkayang. Jumat,24/3/2023


Diskusi tersebut Mendorong peran Aktif OKP, mengundang Narasumber berkompeten di bidangnya, diantaranya. KBO Satbinmas Polres Bengkayang IPDA.Boni Pasius, mewakili Polres Bengkayang dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bengkayang,Yakobus.


Seminar tersebut Melibatkan  42 orang Perwakilan OKP ,para Ormas mendapat ruang Dalam sesi Tanya Jawab dengan sejumlah isu-isu yang berhubungan Kamtibmas.


“ Terima kasih atas waktu dalam pertemuan pembinaan organisasi pemuda dalam rangka memelihara kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Bengkayang.Kegiatan ini merupakan agenda KNPI Kabupaten Bengkayang untuk mengarahkan pemuda-pemudi supaya berkontribusi membangun karya dalam mendukung setiap kebijakan pemerintah, Ungkap Ketua KNPI Kabupaten Bengkayang, Albert Pandur Sae Pubdaba.


Ia mengatakan Memelihara Kamtibmas tanggung Jawab seluruh Elemen masyarakat termasuk Organisasi Pemuda 


“ Menjelang pemilu serentak tahun 2024 maka kita perlu arahan dari Kesbangpol Kab. Bengkayang dan Polres Bengkayang untuk memberikan sosialisasi agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar sesuai ketentuan yang berlaku, ” Cetunya. 


KBO Binmas Polres Bengkayang, IPDA Boni Pasius mengajak para pemuda untuk terus membangun kekompakan ,Generasi muda harus mempunyai semangat motivasi dan cita-cita yang tinggi, menjadi cikal bakal penerus generasi mendatang.


“Setiap karya dan memberikan pendapat yang terarah dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkayang.terlebih Menjelang pemilu 2024  harus mampu menjaga situasi kamtibmas, ” Ucap KBO.Satbinmas Polres Bengkayang IPDA.Boni Pasius.


Lanjut ,IPDA Boni Pasius kebiasaan kecil jika dilakukan secara rutin maka akan menuai hasil dikemudian hari, maka prioritaskan kebutuhan hidup agar dapat bermanfaat untuk orang sekitar .


“Keyakinan apa yang diyakini terkait agama harus disikapi dengan rasa toleransi, menjaga tutur kata, sifat dan menghargai antar umat beragama dalam membangun pengaruh utama erta menjaga persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.” tegas IPDA.Boni Pasius


Sementara Itu,Kaban Kesbangpol Kabupten Bengkayang, Yakobus memeaparkan Dinamika perkembangan situasi yang akan kita dihadapi khususnya persiapan menghadapi pemilu serentak tahun 2024.


Menurut nya kontribusi Ormas / OKP sangat berpengaruh dalam mengawal dan menjaga harkamtibmas.


“Suasana politik terkait isu-isu politik mencari simpatisan / politik identitas, jangan sampai kita dibenturkan hanya untuk mencapai kepentingan pribadi dan populerisasi sesaat, ” Kata Kaban Kesbangpol Yakobus.


Yakobus berharap para Ormas Kepemudaan Khususnya  dapat mengkoordinir anggotanya untuk berperan aktif menampung aspirasi masyarakat dengan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat agar terciptanya harmonisasi di kalangan strata sosial.


“ Perbedaan agama harus dijaga dengan mengedepankan sikap toleransi.Hal negatif yang seperti miras,narkoba dengan mengadakan kegiatan sosial dan olahraga diiiringi dengan pola berfikir konstruktif, ” Jelas Yakobus.


Menurut Yakobus Ormas dibawah kewenangan pengawasan Kesbangpol, diharapkan menjadi wadah sesuai visi dan misi ormas untuk mencapai suatu tujuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 harus memiliki prinsip membangun / public education dan menjadi mitra pemerintah. Ormas harus mempunyai program dan mempunyai legalitas yang jelas dan tidak boleh terlibat dalam pemilu serta larangan memberikan bantuan dana untuk kepentingan politik.


Beberapa pertanyaan Muncul dari Ormas untuk Pemerintah Kabupaten Bengkayang dan Kepolisian sebagai penegak Hukum .


Dalam diskusi ,Para ormas melempar pertanyaan Bagaimana langkah-langkah antisipasi untuk mencegah Ormas agar tidak dimanfaatkan oleh kalangan elit politik.


Mereka berharap Kepolisian Polres Bengkayang dapat menjadi fasiliator sosialisasi pencegahan Narkotika dengan mengundang BNN Kabupaten Bengkayang.Serta Mengadakan  agenda rutin pertemuan Ormas / OKP di wilayah Kabupaten Bengkayang.


“Terkait dengan posisi ormas yang dulunya menjadi sayap partai namun dengan kondisi sekarang berdasarkan peraturan berlaku bahwa posisi ormas tidak boleh mencampuri agenda partai politik dan tidak boleh mempunyai kesamaan simbol agar tidak timbul pemahaman dualisme didalam tubuh ormas tersebut sehingga kami rutin melaksanakan pengecekan administrasi dan legalitas," jawab Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bengkayang Yakobus


Yakobus menjelaskan Lagi, Ormas merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


“Didalam Kesbangpol terdapat bagian wawasan kebangsaan dan ketahanan budaya bahwa pihak Kesbangpol dan Polri telah membuat program Desa Bebas Narkoba, dimulai dari tahap pencegahan deteksi dini dan deteksi aksi karena dampak narkoba dapat merusak struktur sosial dan ekonomi di masyarakat. Yang mana Daerah perbatasan menjadi atensi kita bersama karena rata-rata masuknya narkotika berasal dari Malaysia melalui jalan jalur tikus," ujar Yakobus 


Anggota KNPI Kabupaten Bengkayang, Ebit mengatakan  pemerintah jarang membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat khususnya bagi kaum pemuda saat ini.


”Menurut saya pemerintah juga perlu memperhatikan Pemuda dalam hal membuka peluang lapangan kerja,” ungkap Ebit


Anggota PD Muhammadiyah Bengkayang, Rahmat berharap Pemerintah  menjadi fasilitator untuk mendukung kegiatan ormas berbasis anggaran agar di setiap kegiatan dapat berjalan sesuai ketentuan dan terarah.


” Anggaran salah satu kendala bagi Ormas sulit melakukan kegiatan,karena itu memang perlu perhatian juga dari pemerintah sehingga dapat mewujudkan kesinambungan dan prespektif bersama membangun daerah ,” tutup Rahmat Anggota Muhammadiyah Bengkayang (bin) 

×
Berita Terbaru Update