Notification

×

Si Jago Merah Hanguskan Rumah Warga Dusun Endap

Jumat, 16 Desember 2022 | Desember 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-16T08:28:30Z
Foto: Situasi rumah warga yang terbakar (ist) 


Sintang,transkapuas.com - Kobaran api membakar rumah warga di Dusun Endap Desa Landau Kodam Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang, terjadi pada Kamis (15/12/2022) sekitar pukul 11.00 wib. Dugaannya penyebab kebakaran tersebut belum diketahui  saat itu  pemilik rumah sedang pergi ke ladang.


Saat ditemui di Dusun Endap pada Jum'at, (16/12/2022) Herawati (48) pemilik rumah yang terbakar tersebut menjelaskan bahwa saat kejadian mereka saat itu  tidak berada di rumah.


"Kami lagi ke ladang,jadi rumah kosong", jelasnya.


Herawati (48) menambahkan kalau semua barang yang ada di dalam rumah tidak dapat di selamatkan.


"Tinggal pakaian di tubuh saja yang tersisa, semua barang kami habis hangus terbakar", tambahnya.


 Adapun barang yang hangus terbakar diantaranya :Padi 18 karung,uang 3 juta rupiah,1 unit tangki semprot,1 unit senso kecil,beras, pakaian dan perabotan rumah tangga lainnya.


Kepala Desa Landau Kodam Romulus,S.Th saat dihubungi melalui WhatsApp mengatakan bahwa pihak Pemerintah Desa Landau Kodam akan memberikan bantuan serta akan mengajukan permohonan bantuan kepada pihak terkait.


"Langkah pemerintah Desa mungkin sementara ini ada beberapa hal yaitu : 1. Memberikan sumbangan ala kadarnya. 2. Menyampaikan informasi Musibah ini ke pihak kec. 3. Mengajukan Permohonan Bantuan kepada Bapak Bupati Sintang melalui Dinas BPBD Kab Sintang dan dinsos", jelas Kades.


Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp Camat Kelam Permai Kusmara Amijaya,S.Sos, M.Si saat ditanya apa langkah yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Kecamatan Kelam Permai terkait dengan musibah kebakaran rumah yang dialami oleh warga di Dusun Endap mengatakan bahwa pihaknya akan melaporkan ke BPBD dan menunggu data secara resmi dari pemerintah Desa Landau Kodam.


"Untuk sementara sudah saya laporkan ke BPBD, sambil saya nunggu data resmi dari desa", jelas Camat singkat.


Saat ini masyarakat di Dusun Endap Desa Landau Kodam Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat secara bergotong royong untuk membantu warga yang rumahnya terbakar tersebut,ada yang menggesek bahan, menyumbangkan beras dan lainnya. Rumah yang terbakar tersebut terbuat dari bahan kayu sehingga api cepat menghanguskan seluruh isi bangunan dan barang-barang yang ada di dalam rumah, ukuran rumah tersebut  6x 12 cm². Kerugian yang dialami mencapai ratusan juta rupiah,tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Korban rumah yang terbakar tersebut berharap ada perhatian dari pihak terkait, adapun pemilik rumah yaitu Yonarto Serang (51) dan Herawati (48) dan memiliki 3 orang anak.


Reporter : K. Robenson

×
Berita Terbaru Update