Notification

×

Ini Kata Aron Saat Hadiri Sosialisasi Peningkatan Mutu Penyelenggaraan PAUD Dan Pelantikan Bunda PAUD Tingkat Desa

Selasa, 15 November 2022 | November 15, 2022 WIB Last Updated 2022-11-17T11:55:28Z

POTO: Momen berpoto bersama usai pemberian bantuan kepada PAUD di kabupaten Sekadau


Sekadau, transkapuas.com – Bupati Sekadau, Aron menghadiri sosialisasi peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pelantikan Bunda PAUD tingkat desa se kabupaten Sekadau, di Gedung Kateketik jalan Merdeka Selatan, Selasa (15/11/2022).

 

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau, Aron mengatakan, dirinya merasa senang bisa mengikuti acara pengukuhan Bunda PAUD tingkat desa se Kabupaten Sekadau.

Untuk itu, ia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak termasuk kepada Bunda PAUD Kabupaten Sekadau dan perwakilan Bunda PAUD tingkat provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Aron, anak adalah mata rantai bagi perkembangan manusia kedepan, makanya melalui PAUD sudah melakukan pembangunan sumberdaya manusia, karena dia di usia 0 tahun sampai usia 6 tahun merupakan usia emas bagi anak-anak.

Dari situ akan tumbuh sesuai dengan karakter ana sesuai dengan karakter orang tua dan lingkungan.

“PAUD adalah tempat untuk menempa otak anak mulai dari usia 0 sampai 6 tahun, mereka di cetak di bimbing cara bertindak dan berpikir agar tumbuh menjadi generasi cerdas,” kata Aron.

Dikatakan Aron optimalisasi perkembangan anak pada usia dini adalah menjadi tugas bersama, mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa, sebagai program strategis. Untuk itu, hendaknya bersama berperan serta dalam upaya mengalakan PAUD di wilayah masing-masing.

Apabila ada kesulitan yang dialami libatkan semua dalam penyelesaian permasalahan di setiap tingkatan, jangan utamakan kuantitas tapi lebih kepada kwalitas, tujuannya agar mereka menjadi generasi penerus yang cerdas demi majunya bangsa dan negara.

“Makanya jadikan PAUD sebagai sarana untuk menempa karakter dan cara berpikir anak, agar generasi selanjutnya bisa lebih cerdas,” pesan Aron.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Sekadau Ny. Magdalena Susilawati Aron, SP dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini selain pengukuhan Bunda PAUD tingkat desa se-Kabupaten Sekadau. Namun, kegiatan ini dibarengi dengan pembekalan kepada Bunda PAUD tingkat desa oleh Bunda PAUD dari provinsi Kalimantan Barat.

Sebagai Bunda PAUD tingkat kabupaten, dirinya tidak mungkin mampu menjangkau semua PAUD yang di semua desa. Untuk itu para Bunda PAUD desa adalah perpanjangan tangan dari Bunda PAUD Kabupaten. Dan Bunda PAUD tingkat kabupaten sebagai perpanjangan tangan bunda PAUD tingkat provinsi Kalimantan Barat.

“Saya minta bunda PAUD desa agar lebih memperhatikan anak-anak yang sedang belajar di PAUD, tujuannya agar mereka berkembang dan berkarya dengan baik,” pintanya.

Karena menurutnya, PAUD sangat di perlukan sebagai persiapan generasi untuk menyongsong generasi yang handal, dengan pendidikan yang berkualitas saat mereka berada di PAUD, sebagai bekal bagi untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, agar lebih baik dan mampu bersaing dengan kabupaten lain.

“Saya minta kepada semua desa untuk berlomba menghasilkan mutu PAUD yang berkualitas dan memanfaatkan dana desa dengan sebaik-baiknya untuk mencerdaskan anak bangsa di mulai dari PAUD,” sarannya.

Untuk tingkat PAUD ada beberapa layanan sudah ada, yakni layanan kesehatan, layanan pendidikan yakni PAUD itu sendiri, yang belum ada adalah layanan bina keluarga bahagia.(sy)
×
Berita Terbaru Update