Notification

×

Pesan Kadis PMPD Berangkatkan 126 Orang Ke Desa Lumukutan

Minggu, 02 Oktober 2022 | Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-04T06:45:09Z



Sintang, transkapuas.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni menghadiri kegiatan pelepasan Kepala Desa yang akan melakukan kaji terap pengelolaan BUMDes ke Desa Lemukutan Kecamatan  Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang di Pendopo Bupati Sintang pada Minggu, 2 Oktober 2022.


Herkulanus Roni menyampaikan bahwa kaji terap ke Desa Lemukutan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang ini sudah direncanakan dengan baik. 


“Kami sebenarnya ingin memilih dua desa yang akan dijadikan tempat kaji terap yakni Desa Tebas Kabupaten Sambas dan Desa Lemukutan Kabupaten Bengkayang. Namun, memperhatikan karakteristik dua desa tersebut dan atas saran Bapak Bupati Sintang, akhirnya kami memilih Desa Lemukutan Kabupaten Bengkayang” beber Herkulanus Roni. 


“Untuk peserta, ada 447 orang yang berasal dari 180 desa. angkatan pertama ada 126 orang kepala desa, ketua BPD dan Ketua BUMDes atau yang diutus oleh desa masing-masing. Kegiatan kaji terap angkatan pertama akan kami berangkatkan pada 2 Oktober 2022. Angkatan kedua akan kami berangkatkan pada 10 Oktober 2022 nanti dengan jumlah peserta 120 orang” terang Herkulanus Roni. 


“Untuk angkatan ketiga dan keempat, akan kami berangkatkan setelah pelaksanaan Pilkades Tahun 2022. Jumlah desa yang mau mengikuti kaji terap ini terus bertambah karena teman-teman ingin mempelajari bagaimana cara Desa Lemukutan yang awalnya tidak dikenal oleh masyarakat. Tetapi karena kemampuan mereka mengelola BUMDes dan melibatkan masyarakat, akhirnya menjelma menjadi desa yang salah tujuan wisata di Kalbar” terang Herkulanus Roni.


“Pada kaji terap ini, memang tidak bisa berangkat sekaligus karena memang sudah dijatah dan dibatasi oleh pihak Desa Lemukutan sebagai tujuan kaji terap. Mereka membatasi maksimal 125 orang. Kegiatan ini akan didampingi juga pihak Kecamatan” terang Herkulanus Roni. 


“Yanng ingin kami gali dari Desa Lemukutan adalah bagaimana mereka mengelola BUMDes sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat di desanya. Kami sudah mengingatkan peserta supaya memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin supaya kaji terap ini bermanfaat bagi desa di Kabupaten Sintang. Kami ingatkan peserta untuk belajar dan mempelajari Desa Lemukutan dalam upaya meningkatkan pendapatan desa sehingga desa ini menjadi tempat desa di Kalimantan Barat untuk belajar meningkatkan pendapatan desanya dan dalam hal pengelolaan BUMDes” tambah Herkulanus Roni.

Info Pemda Sintang

Reporter:K.Robenson

×
Berita Terbaru Update