Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Kemendagri Mengikuti Rapat Secara Virtual Pilkades Sintang 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14.00.00 WIB Last Updated 2022-10-18T07:05:06Z

 


Sintang, transkapuas.com - Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH didampingi Wakil Bupati Sintang mengikuti rapat secara virtual dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tentang pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Command Center Kantor Bupati Sintang, Selasa (18/10/2022).


Ratna Andriani Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintah Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri menyampaikan Kemendagri ingin memastikan agar pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Sintang tetap menerapkan protokol kesehatan. 


“Maksimal pemilih dalam satu TPS adalah 500 pemilih, jadwal kedatangan pemilih juga agar diatur supaya tidak terjadi kerumunan. Analisa kami Kabupaten Sintang sudah siap melaksanakan Pilkades dari semua sisi. Kami juga sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Sintang melaksanakan Pilkades. Jaga keamanan dan kondusifitas di Sintang. Pilkades rawan terjadi gesekan antar pendukung dan calon kades” terang Ratna Andriani.


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan bahwa Kabupaten Sintang sangat siap melaksanakan Pilkades Serentak Tahun 2022 karena sudah berpengalaman melaksanakan pilkades serentak.


“Tahun 2021 lalu, pilkades diikuti 291 desa, juga sangat aman dan lancar. Apalagi tahun ini hanya 72 desa. Kami yakin aman. Protokol kesehatan juga kami laksanakan meskipun kita masuk di level 1. Kami saat ini masih banjir, tetapi sudah kami lakukan antisipasi, dan akan lancar dan aman” terang Bupati Sintang. 


Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian menjelaskan Polres Sintang fokus pada pengamanan proses pilkades dengan menurunkan 117 personil Polri yang ditempatkan di semua TPS.


“Sebanyak 117 anggota Polri yang kami terjunkan ini semuanya berasal dari Polsek-Polsek, mereka lebih paham kondisi di lapangan. Kami juga sudah melakukan analisa kerawanan keamanan saat pilkades. Di Polres Sintang juga sudah menyiagakan pasukan penguatan sebanyak 45 personil. Kami juga meminta bantuan dari Polres Sekadau 30 personil, Kompi Brimob 30 personil dan Samapta Polda Kalbar ada 30 personil,” terang  Tommy Ferdian. 


“Kami yakin pilkades aman dan lancar, namun kami tidak mau lengah dengan tetap waspada dan siaga,” terang Tommy Ferdian. 


Dandim 1205 Sintang Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono menjelaskan bahwa untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak 2022, pihaknya sudah mengirim Babinsa yang ada di kecamatan ke desa-desa yang melaksanakan pilkades. 


“Dari 72 desa yang melaksanakan pilkades, kami mengirim 144 personil TNI untuk memantau dan mengamankan pilkades. Pemkab Sintang juga memberikan dukungan untuk pergeseran pasukan, operasional dan logistik tim kami di lapangan,” beber Kukuh Suharwiyono.


Info Pemda Sintang

Reporter : K.Robenson

×
Berita Terbaru Update