Notification

×

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Perubahan Cuaca, Henry Himbau Masyarakat Lebih Waspada Penyakit DBD

Jumat, 07 Oktober 2022 | 22.01.00 WIB Last Updated 2022-10-11T15:06:22Z
Foto: Henry Alpius, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) kabupaten Sekadau


Sekadau, transkapuas.com - Musim hujan yang akhir - akhir ini meningkat, tentunya akan menimbulkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di kalangan masyarakat.

Masyarakat tentunya harus waspada dan sigap dalam hal ini.


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB), Henry Alpinus menyampaikan, saat ini perubahan cuaca sangatlah berpengaruh akan meningkatnya penyakit-penyakit terutama penyakit DBD.


"Mengingat perubahan cuaca sangatlah berpengaruh akan meningkatnya penyakit, terutama DBD, maka dari itu, kami meminta agar masyarakat agar lebih waspada dengan penyakit DBD karena faktor penyebab terjadinya penyakit DBD ini ialah faktor kesehatan lingkungan," pesan Henry Alpinus.


Henry AlpIus juga menghimbau kepada
masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menerapkan 5M yakni, menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, membuang kaleng bekas dan menabur bubuk abate ke dalam setiap genangan air.


"Penyakit DBD juga perlu di waspadai terutama untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun. Maka dari itu kami sangat mengharapkan agar masyarakat dapat terus memperhatikan kesehatan," tambahnya.


Menurut Henry, gejala penyakit DBD iyalah demam, pilek, sakit kepala dan kurangnya nafsu makan.


"Adapun gejala awal dari penyakit DBD ini yaitu demam, pilek, sakit kepala dan juga hilangnya nafsu makan. Jika sudah ada gejala-gejala yang timbul, silahkan langsung konsultasi dengan pihak kesehatan atau Puskesmas terdekat agar dapat segera di periksa," pesannya. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update