Notification

×

Bupati Sekadau Hadiri Pemberkatan Dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Hati Kudus Yesus Rawak

Senin, 10 Oktober 2022 | Oktober 10, 2022 WIB Last Updated 2022-10-19T05:50:24Z

 

Foto: Bupati Sekadau, Aron, SH melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Rawak, Senin (10/10/2022) 

Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau, Aron bersama Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Julius Gullio Mancucini, C. P melakukan pemberkatan dan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Rawak kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau di komplek Pastoran Rawak, Senin (10/10/2022). 


Acara dimulai dengan ibadat pemberkatan batu pertama dipimpin langsung oleh bapak Uskup Sanggau Mgr. Julius Gullio Mancucini. Dam dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Hati Kudus Yesus paroki Rawak. 


Ketua panitia pembangunan gereja Paroki Hati Kudus Rawak, Daniel Diman menyampaikan pembangunan Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Rawak ini Berdasarkan usia Gereja yang sudah sangat tua dan umat Katolik di paroki Rawak sudah cukup banyak. 


"Dasar pembangunan baru paroki Rawak merupakan gereja stasi yang dibangun pada tahun 1987 dan pada waktu itu Rawak belum menjadi paroki, dan ini merupakan  dasar kami untuk mendirikan Gereja yang baru. Karena pada tahun 2017 jumlah umat katolik di paroki Rawak sudah mencapai 1000 lebih umat, maka kami berinisiatif untuk membangun Gereja yang baru," kata Diman. 


"Dana swadaya umat sesuai dengan kemampuan umat masing-masing, dan di pusat paroki lebih besar dari pada umat yang di stasi-stasi. Kami. juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Daerah kabupaten Sekadau yang sudah memberikan bantuan untuk membantu pembangunan gereja ini melalui dana hibah," tambah Diman. 


Pastor paroki Rawak, Antoius Kema, CP dalam sambutan nya menyampaikan kepada seluruh umat Katolik untuk saling membantu demi suksesnya pembangunan Gereja Paroki Rawak ini. 


"Sebagai Pastor paroki dan segenap umat Paroki Rawak, kami sangat gembira dengan peletakan batu pertama pembangunan Gereja ini, tanda pembangunan nya sudah dimulai. Mari kita saling membantu untuk mensukseskan membantu Gede ini sampai selesai," kata Pastor paroki. 


'Di Paroki Rawak ada 46 stasi, kami mohon kepada semua pemimpin umat untuk memperlancar iuran pembangunan Gereja ini di stasinya masing-masing," tambah Pastor paroki Rawak. 


Dalam arahannya bupati Sekadau, Aron menyampaikan semoga pembangunan Gereja Hati Kudis Yesus Rawak ini bisa selesai sesuai jadwal. 


"Mudah-mudahan di tahun ini pembangunan Gereja Hati Kudus Yesus Rawak sudah sampai atap dan tahun 2023 bisa selesai dan di tahun 2024 bisa kita resmikan sesuai jadwal. Menurut ketua panitia, dana swadaya masyarakat sudah mencapai 800juta lebih, semoga makin bertambah lagi," tambah Aron. 


"Bantuan pembangunan dari pemerintah daerah bertahap dan semoga pembangunan Gereja paroki Hati Kudus Rawak ini bisa berjalan dengan lancar," tambahnya. 


Dalam kesempatan yang sama Uskup Sanggau, Mgr. Julius Gullio Mancucini menyampaikan Gereja merupakan tempat kita bertemu dengan Tuhan. 


"Gereja merupakan tempat ibadah, dan tempat kita bertemu dengan Tuhan, terimakasih kepada semua para donatur yang telah memberikan sumbangan, saya yakin Tuhan akan membalas semua bantuan dari para donatur, kepada semua pemimpin umat supaya jangan lelah untuk memberi tahu umat untuk melunasi iuran pembangunan Gereja. 


Acara dilanjutkan dengan ramah tamah. 

Hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Sekadau, Hasan,  Pastor Dakenat Cristianus  CP, Camat Sekadau Hulu, Porkompinda Sekadau, Porkompincam Sekadau Hulu, seluruh Pemimpin Umat di Stasi Paroki Rawak serta para tamu undangan lainnya. (Sy) 


×
Berita Terbaru Update