Notification

×

Iklan Kampanye Kades

Kades Tp. Perodah

Kades Tp. Perodah

Sudah 12 Tahun SD Pelimping Tidak Digunakan

Rabu, 07 September 2022 | September 07, 2022 WIB Last Updated 2022-09-07T05:58:53Z



Sintang, transkapuas.com - Gedung Sekolah memiliki fungsi sebagai tempat berinteraksinya antara siswa dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Namun di Desa Pelimping Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang sudah belasan Tahun memiliki sekolah  hingga saat ini tidak dimanfaatkan sebagai tempat belajar mengajar.Tokoh Masyarakat Dusun Pelimping Baru Yuvensius Zulkarnaen Saat menghubungi media transkapuas.com melalui WhatsApp Pada Selasa,(6/9/2022)  menjelaskan gedung sekolah yang dibangun menggunakan anggaran ratusan juta rupiah Tahun 2010 tersebut sampai saat ini hanya jadi gedung pajangan saja di wilayah Desa Pelimping Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

"Gedung tersebut di bangun sekitar tahun 2010.harap segera di tindak lanjuti", jelasnya

 


Menurut Tokoh Masyarakat  Yuvensius  dan Ketua BPD Desa Pelimping menyayangkan sudah sekian tahun gedung sekolah dibangun namun sampai hari ini tidak ada murid dan tidak ada penempatan guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar.

Tokoh masyarakat Desa Pelimping mengharapkan agar pihak dinas terkait yaitu Dinas pendidikan kabupaten Sintang untuk segera mengambil langkah agar sekolah tersebut ditempatkan guru.

"Kami tokoh masyarakat Pelimping  baru dan ketua BPD Desa Pelimping meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan kabupaten sintang untuk mengoperasionalkan gedung sekolah SD jarak jauh yg sudah di bangun, supaya gedung  dapat di gunakan untuk proses belajar mengajar"jelasnya kepada awak media melalui WhatsApp.

Yuvensius Zulkarnaen menambahkan bahwa anak-anak mereka sekolah harus ketempat lain di Desa Gemba Raya SDN 17 Lanjing yang berada jauh dari Pelimping, sedangkan sekolah yang sudah dibangun berada di Desa Pelimping.

 "Mengingat jarak tempuh dari Dusun Pelimping Baru ke sekolah SDN 17 Lanjing  cukup jauh 7 km. Harapan supaya gedung sekolah yang sudah di bangun dapat di operasional kan supaya pembangunan  gedung tidak sia-sia"tambahnya.

"Anehnya lagi walau sudah sekian tahun gedung sekolah dibangun dengan dua ruangan, namun proses belajar mengajar belum dimanfaatkan sebagai mana yang diharapkan warga masyarakat Desa Pelimping Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang,apalagi di Desa Pelimping adalah warga yang paling banyak dibandingkan desa-desa lain dengan delapan Dusun, lebih uniknya lagi keberadaan Gedung sekolah ini seakan-akan tidak diketahui pihak Pemkab Sintang" papar Yul panjang lebar.

Ditempat terpisah Kepala Desa Pelimping Yohanes Migan saat ditemui di kantor Desa Pelimping pada Rabu siang,7/9/2022 mengatakan bahwa SD tersebut adalah sekolah Jarak jauh dan mengharapkan adanya SD di Desa Pelimping dan awalnya sekolah tersebut di peruntukan untuk PAUD namun ketika PAUD pindah gedung tersebut dijadikan untuk SD sementara.

"Sekarang masih digunakan untuk TK,dan sekarang untuk gedung TK sudah ada dua lokal lagi"Tutur Kades.

"Kami menginginkan ada SD di Desa Pelimping karena jumlah KK yang ada di tempat kami yaitu 392 KK,namun hal tersebut perlu proses"jelas Yohanes Migan Kepala Desa Pelimping.

Manfaat dari gedung sekolah adalah agar siswa dapat belajar dengan tenang selain itu gedung sekolah juga berfungsi sebagai sarana untuk mencetak generasi pintar.

Reporter:K.Robenson

×
Berita Terbaru Update