Notification

×

Iklan Kampanye Kades

Kades Tp. Perodah

Kades Tp. Perodah

Kunker Bupati, Pantau Langsung Pengobatan Gratis Di Desa Senangak

Kamis, 11 Agustus 2022 | Agustus 11, 2022 WIB Last Updated 2022-08-12T01:53:18Z

 

FOTO : Bupati Sekadau, Aron SH didampingi sejumlah pihak saat meninjau pengobatan gratis di RT Nanga Cina, Nanga Taman 

Sekadau, transkapuas.com -  Bupati Sekadau Aron,SH didampingi ketua TP PKK Ny. Magdalena Susilawati Aron, SP melakukan kunjungan kerja (Kunker) melihat langsung kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Sekadau, di RT Nanga Cina dusun Rambing desa Senangak kecamatan Nanga Taman, Kamis (11/08/2022).

Dalam arahannya bupati mengatakan, pengobatan gratis yang dilakukan oleh pemerintah daerah merupakan agenda rutin untuk memastikan bahwa masyarakat kita yang ada di pedalaman sehat, apalagi bagi warga di wilayah terpencil seperti warga Nanga Cina, dusun Rambin, dusun Dakan dan dusun Meromo kedesaan Senangak.

"Jaga pola hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit, karena jika mau berobat tempatnya jauh, maka dari itu perlu jaga pola hidup, hindari hal-hal yang bisa mendatangkan penyakit,"pesan bupati.

Selain itu lanjut dia, kedatangan tim kesehatan dari Pemkab Sekadau akan mendata jumlah penderita Katarak, setelah semuanya di data baru kita akan lakukan pengobatan.

Sebagai informasi tambah bupati lagi, kebetulan desa Senangak termasuk salah satu dari 9 desa yang sudah di mekarkan, dari 9 desa yang di usulkan semua sudah disetujui oleh pemerintah pusat, sehingga hari (kemarin red) kepala dinas Pemerintah desa dan Sekretaris Daerah sedang berada di Jakarta dalam rangka mengambil penomoran agar desa yang sudah di mekar bisa secepatnya mendapatkan DD dan ADD.

Hasil ini salah satu hasil perjuangan pemerintah daerah kabupaten Sekadau selama setahun terakhir ini, sehingga semua desa yang kita usulkan untuk dimekarkan lolos semua.

"Termasuklah desa Semerawai hulu salah satu desa yang dimekarkan dari desa Senangak,"ungkap Aron.

Pada kesempatan itu juga bupati meminta agar perusahaan yang beroperasi di wilayah desa Senangak, kiranya bisa membantu kesulitan masyarakat sekitar, terutama terkait infrastruktur.

Karena sesuai UU kehadiran perusahaan di suatu wilayah tentu misinya adalah mensejahterakan masyarakat sekitarnya.

Aron juga menegaskan bahwa tahun 2024 target penurunan Stunting bisa mencapai angka 14 persen secara nasional dari 26,5 persen.
Sebagai penunjang kata dia lagi, ODF atau tidak Buang Air besar sembarangan juga harus di galakan, agar tercapai sanitasi yang baik di tengah masih masyarakat, agar pola hidup sehat juga bisa tercapai.

Ditempat yang sama, Henry Alpius Plt kepala dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dalam paparannya mengatakan, bahwa pengobatan gratis ini adalah keinginan pemerintah daerah dalam rangka menyehatkan masyarakat.

Ada 12 item yang di siapkan pada pelayan kesehatan di desa Senangak ini, yakni ada 12 macam pelayanan, kesehatan, salah satunya sunatan massal, pengecekan kesehatan, cek Darah, Gula Darah, Kolestrol, serta pengecekan penyakit lainnya dan vaksinasi Boster, serta pengobatan gratis lainya termasuklah pendataan penyakit Katarak.

"Ada 12 item jenis pelayanan yang kita layani pada warga desa Senangak, salah satunya pendataan pengidap Katarak," kata Henry.

Selain itu lanjut Henry, salah satu misi pelayanan kesehatan juga kita selipkan kepada kaum muda, pada saat hendak menikah mereka kita berikan pemahaman kesehatan untuk merawat bayi, tujuannya agar para Balita bisa terhindar dari Stunting.

Untuk sunatan yang juga kita laksanakan hari ini, adalah tujuannya sangat jelas, yakni ketika mereka beranjak dewasa mereka bisa bertumbuh dengan baik, makanya sunat bagi anak-anak pria sangat penting.

"Sunat merupakan agenda kesehatan, tujuannya agar ketika sudah dewasa mereka bisa tumbuh dengan baik," ungkap Henry.

Sementara itu camat Nanga Taman Gunawan dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang telah datang untuk melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat desa Senangak.

Ia yakin dengan begini masyarakat sangat merasa terbantu, apalagi yang sangat membutuhkan pengobatan.

"Saya yakin pengobatan gratis ini sangat membantu masyarakat, mereka merasa senang jika dilayani secara gratis," ucapnya.

Sementara itu kepala desa Senangak, Salihin dalam sambutannya mengatakan hal yang yakni mengucapkan terimakasih kepada Pemda Sekadau yang telah turun untuk mengatasi kesulitan masyarakat dalam bisa kesehatan, karena banyak masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan seperti ini.

Kegiatan ini memang sengaja kita pusatkan di RT Nanga Cina ini, karena RT ini berada di tengah-tengah, jika dilaksanakan di sini warga dusun Rambin juga bisa datang, warga dusun Dakan juga bisa datang begitu juga warga dusun Meromo juga bisa datang ke sini

Saat ini kata kondisi infrastruktur di wilayah desanya seperti ke Dalam dan Rambin masih sulit, namun ada juga yang sudah di betulkan oleh perusahaan, yakni dari dusun Dakan ke dusun Meromo juga baik.

"Terimakasih kepada Perusahaan PT. WSP yang membantu perbaikan infrastruktur dari dusun Dakan ke Meromo," ucap Kades.


Hadir pada acara tersebut, bupati dan ketua TP. PKK, Plt kadis Kesehatan, PP.dan KB, kasat Pol PP Paulus Yohanes, perwakilan dari dinas Pendidikan, perwakilan dari Dinas Perhubungan, unsur Forkompinka kecamatan Nanga Taman, serta unsur pemerintah desa Senangak. (Sy)

×
Berita Terbaru Update