Notification

×

Desa Rirang Jati

Desa Rirang Jati

Wabup Sekadau Hadiri Kegiatan Pembinaan Dan Pemberdayaan BUMDes, Ini Arahannya

Selasa, 31 Mei 2022 | Mei 31, 2022 WIB Last Updated 2022-05-31T11:41:30Z

 


Sekadau, transkapuas.com - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemerdayaan Masyarakat & Desa (PMD) menggelar kegiatan pembinaan dan pemerdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di ruang serbaguna kantor bupati Sekadau, Selasa (31/5/22)

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sekadau Subandrio S.H, M.H,. didampingi sekertaris dinas PMD, Robertus S.Sos Kepala Bidang Pemerdayaan Masyarakat & Desa. 

Wabub sekadau menyebut melalui bumdes yang diatur dalam peraturan pemerintah, pemerintah desa diberikan kewenangan untuk mengelola serta memanfaatkan segala sektor di wilayahnya untuk menopang pembangunan.

"Banyak hal didesa yang bisa kita kelola beberpa perusahaan yang ada di sekadau ini sebagian besar ada di desa - desa, bila bisa di manfaatkan maka ini merupakan suatu potensi pendapatan yang bagus," ungkapnya. 

"Beberapa waktu lalu salah satu perusahaan datang kepada kita, kemudian kita berdiskusi, mereka mengatakan pihak perusahaan memiliki banyak karyawan yang membutuhkan bahan pokok seperti sayur mayur dan lain-lain, bila desa ini kreatif maka ini merupakan suatu peluang besar," jelasnya. 

"Ada berapa banyak kebutuhan seperti sayur dan buah yang dibutuhkan oleh karyawan perusahaan yang bekerja diperusahaan itu, dan saya rasa itu bisa dimanfaatkan, bagaimana caranya mereka tidak membeli sayur diluar, tapi membeli sayur kepada petani setempat," tambahnya. 

Ditambahkan Bang Suban, sapaan akrabnya ini hampir 80 % kabupaten Sekadau adalah petani dan pekebun tinggal bagaimana caranya memanfaatkan supaya makmur dan sejahtera,  meski demikian kita masih kekurangan, buktinya setiap hari masih ada truk angkutan dari luar daerah membawa sayur untuk memenuhi kebutuhan kita di Sekadau ini. 

"Untuk itu mari kepada pengurus bumdes untuk memanfaatkan peluang ini, karna pemerintah juga mendukung, dan sudah jelas melalui visi & misi kita yakni IP3K," pungkasnya. (Sy) 

×
Berita Terbaru Update