Kunjungi Ujian Sekolah Dasar, Bupati Ingin Berikan Motivasi Bagi Pelajar



Sekadau, transkapuas.com - Bupati Sekadau Aron SH meninjau langsung kegiatan Ujian Sekolah dasar tahun ajaran 2021-2022. Dalam lawatannya tersebut selain ingin melihat langsung persiapan sekolah, bupati juga ingin memberikan motivasi bagi pelajar yang mengikuti Ujian Akhir.

Karena kali ini sistim ujian tidak lagi intervensi dari pemerintah, artinya sekolah sendiri yang membuat soal bagi anak didiknya.

Pada kesempatan tersebut mantan anggota DPRD Provinsi Kalimantan barat ini mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Selamet Riyadi dan SDN 01 Sekadau.

"Saya ingin melihat langsung proses ujian dengan kurikulum merdeka belajar yang baru dimulai tahun ini pada tingkat sekolah dasar," katanya, Senin (25/02/2022).

Ia berharap agar para pelajar yang sedang menjalani ujian kali ini kiranya mendapatkan hasil yang memuaskan, dengan sistem dan kurikulum baru.

"Saya berpesan agar sekolah betul-betul memperhatikan aktifitas ujian, karena selain sistemnya baru, lagi pula kita masih dalam situasi pandemi covid-19," pesan Aron.

Sementara itu kepala sekolah Selamet Riyadi  Ajoto Sante Jito mengatakan, bahwa jumlah pelajar di SD Selamet Riyadi yang mengikuti ujian tahun ini ada 83 orang, pelajar laki-laki 44 orang sedangkan pelajar  perempuan ada 39 orang.

Dengan kurikulum baru kata dia, pihak sekolah merasa senang, karena di situ kompetensi guru bisa di uji sejauh mana daya serap murid pada mata pelajaran yang dia ajarkan.

Karena ujian tahun ini pihak sekolah langsung yang membuat soal, artinya soal yang buat betul- bentuk dari hasil yang diajarkan langsung oleh guru.

"Soal kita buat sendiri, tanpa ada intervensi dari pemerintah, artinya kurikulum merdeka belajar memang betul-betul diterapkan, dilain pihak guru merasa dihargai," kata Jito.

"Kalau dulu, kami sebagai tenaga pendidik sama sekali tidak dihargai, Karen setelah mengajar sekian tahun tidak punya kesempatan pada untuk menguji murid yang ia didik.Tapi, sekarang guru bisa langsung menguji murid yang mereka didik selama ini, itu kelebihan dari kurikulum merdeka belajar," tambah Jito.

Hak yang sama juga dikatakan oleh Suratno, kepala sekolah SDN 01 Sekadau, kepada awak media ia mengakui senang ketika mendapat kunjungan dari bupati Sekadau.

"Kita bangga, karena saat ujian bupati langsung memberikan motivasi kepada anak-anak yang sedang ujian," kata Suratnio. 

Untuk mata pelajaran yang masuk pada ujian tahun ini ada 9 mata pelajaran yang di uji tahun ini yakni Bahasa Indonesia, PKN,IPS,IPA,Matematika, SBDP, Mulok,Bahasa Inggris, dan PJOK. (Sy) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama